Penampakan 'Gunung Emas' dan Tembaga di Papua

News - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
17 September 2022 15:55
Gunung Emasa Wabu. (Dok: via google earth ) Foto: Gunung Emasa Wabu. (Dok: via google earth )

Jakarta, CNBC Indonesia - Selama ini banyak orang berpikir bahwa Papua menjadi daerah dengan tambang paling banyak di Indonesia. Namun kini, pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kawasan Gresik di Pantai Utara Jawa akan menjadi pusat pengolahan konsentrat tembaga dan emas yang dihasilkan dari 'Gunung Emas' di Papua.

Gunung emas ini bernama Blok Wabu, bekas lahan tambang PT Freeport Indonesia yang telah dikembalikan kepada pemerintah.

Gunung emas ini bisa menjadi salah satu sumber "harta karun" tersendiri bagi Indonesia. Pasalnya, jumlah sumber daya emas yang ada di blok ini tak main-main, yakni mencapai 8,1 juta ons.


MIND ID mencatat, bila dikalikan dengan harga emas sekitar US$ 1.900 per troy ons, maka potensi nilai sumber daya emas di blok ini mencapai sekitar US$ 15,4 miliar atau sekitar Rp 221,7 triliun (asumsi kurs Rp 14.400 per US$).

Jumlah sumber daya ini masih berdasarkan hasil perhitungan sumber daya pada 1999 untuk kategori measured (terukur), indicated (terkira) dan inferred (terduga).

Ada puluhan ton emas murni yang bisa dihasilkan di kawasan ini melalui smelter di pusat pengolahan tembaga dan emas milik Freeport yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik.

Antam Bakal Garap Gunung Emas di Papua, Bukan Grasberg!Foto: Antam Bakal Garap Gunung Emas di Papua, Bukan Grasberg!
Antam Bakal Garap Gunung Emas di Papua, Bukan Grasberg!

KEK Gresik terletak di kabupaten Gresik provinsi Jawa Timur yang menghadap ke selat Madura, KEK Gresik memiliki keunggulan geografis berupa adanya pulau Madura sebagai natural break water yang menjadikan KEK Gresik sebagai Kawasan industry yang bebas tsunami dan gempa.

Berdasarkan data KEK, kapasitas smelter yang dibangun ini akan  mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahunnya.

Terdapat pula precious metal refinery (PMR) yang menghasilkan rata-rata 35 ton emas dan dapat menjadi substitusi impor emas yang dilakukan oleh ANTAM. Keberadaan PTFI diharapkan akan menjadi daya tarik bagi industri-industri lain dan industri turunan tembaga untuk berinvestasi di KEK Gresik.

Saat peresmian groundbreaking smelter Oktober 2021 lalu, Jokowi mengatakan Indonesia memiliki cadangan tembaga yang sangat besar, masuk kategori 7 negara yang cadangan tembaga terbesar di dunia.

Pacu Ekonomi Jawa Timur, Pemerintah Resmikan KEK GresikFoto: CNBC Indonesia TV
Pacu Ekonomi Jawa Timur, Pemerintah Resmikan KEK Gresik

Ia bilang potensi yang sangat besar ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, dengan menciptakan nilai tambah yang setinggi-tingginya bagi ekonomi.

"Jangan sampai kita memiliki tambang, kita memiliki konsentrat, smelternya, hilirisasinya ada di negara lain, seperti disampaikan Pak Menteri, ada di Spanyol, Jepang, nilai tambahnya berarti yang menikmati mereka. Inilah kenapa smelter PT Freeport ini dibangun di dalam negeri yaitu di Gresik Provinsi Jawa Timur," kata Jokowi.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan dengan adanya smelter di KEK Gresik seluruh nilai tambah akan diproduksi di Gresik, setelah selama 40 tahun yang US$ 2 miliar itu rata-rata dinikmati bangsa lain.

"Economic benefit-nya sangat besar, terutama juga nanti terhadap perpajakan. Ini tentunya merupakan bagian dari pasca Undang-Undang Cipta Kerja yang membuat Investasi mendapatkan momentum pada saat ini," kata Airlangga.

KEK Gresik punya lahan luas total sebesar 2.167 hektare dengan kegiatan utama industri metal, industri elektronik, industri kimia, industri energi dan logistik.

Keberadaan KEK Gresik diharapkan memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia berupa masuknya investasi (termasuk FDI) pada 5 tahun pertama yang diproyeksikan mencapai nilai sekitar US$ 5 Miliar dan total direct investment mencapai US$ 6,7 miliar.

Kontribusi dalam meningkatkan nilai ekspor mencapai nilai US$ 12,7 Miliar/tahun dan substitusi impor mencapai US$ 9,05 miliar secara ultimate setelah beroperasi secara penuh.

KEK Gresik diproyeksikan akan menyerap tenaga kerja langsung sebanyak sekitar 191 ribu orang, dalam lima tahun pertama akan menyerap 10.000 orang pada tahap konstruksi dan 12.000 orang pada tahap operasi.


[Gambas:Video CNBC]

(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading