Internasional

Bukan Cuma Resesi Seks, Fenomena Ini Ancam Populasi China

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
21 September 2022 16:00
Warga China memakai masker saat jam kerja (REUTERS/TINGSHU WANG) Foto: Warga China memakai masker saat jam kerja (REUTERS/TINGSHU WANG)

Jakarta, CNBC Indonesia - China akan mengalami fenomena penuaan populasi. Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Departemen Penuaan dan Kesehatan Komisi Kesehatan Nasional, Wang Haidong.

Dalam sebuah pernyataan, Wang mengatakan 20% populasi akan berusia 60 tahun ke atas dalam tiga tahun mendatang. Di 2035, akan ada 400 juta orang atau 30% populasi berusia 60 tahun lebih.

"Masalah penuaan China melibatkan populasi yang besar dan berkembang pesat," ujarnya seperti dilansir Global Times, Rabu (21/9/2022).

Situasi penuaan sangat bervariasi di wilayah China. Wang mengatakan penuaan di wilayah pedesaan akan lebih besar dibanding di wilayah urban. Data yang dikumpulkan tahun 2020 menunjukkan 10 wilayah memiliki lebih dari 20% penduduk berusia 60 tahun ke atas, sebagian besar di China Timur Laut dan Barat Daya.

Wang juga mencatat tekanan besar untuk mengatasi skenario penuaan. Jumlah dan persentase penduduk lanjut usia, rasio ketergantungan hari tua, dan rasio ketergantungan sosial akan mencapai puncaknya sekitar tahun 2050. Ini dikhawatirkan menjadi tantangan besar bagi sistem jaminan sosial.

"China akan menerapkan strategi nasional untuk situasi tersebut dan mencari cara unik untuk mengatasinya."

Terkait tentang perkembangan perawatan lansia, Wang mengatakan pada 2021, sistem pensiun mencakup 1,03 miliar jiwa dari total 1,4 miliar populasi. Untuk asuransi kesehatan mencakup 1,36 miliar jiwa.

Layanan perawatan jangka panjang dirintis di 49 kota, mencakup 145 juta orang. Ada 8 juta tempat tidur di 360.000 pusat perawatan pada kuartal pertama 2022, dan lebih dari 1,75 juta tempat tidur di pusat perawatan medis nasional.

"Lebih dari 40.000 pusat pembelajaran didirikan untuk para manula untuk belajar sementara fasilitas budaya dan lokasi wisata terbuka untuk mereka secara gratis atau dengan harga diskon untuk mendorong para manula untuk berpartisipasi dalam kegiatan rekreasi," tambah Wang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Fix 'Resesi Seks'! Populasi China Bakal Terus Menyusut


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading