Cara Pencairan BSU Bagi Pekerja Dengan Rekening Bank Swasta

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
13 September 2022 08:14
Infografis: Subsidi Gaji Bisa Gagal Cair Gara-Gara Masalah Remeh Ini Foto: Infografis/Subsidi Gaji Bisa Gagal Cair Gara-Gara Masalah Remeh Ini/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah mulai menyalurkan bantuan subsidi upah (BLT) alias subsidi gaji kepada para pekerja yang berpenghasilan di bawah Rp 3,5 juta per bulan sebesar Rp 600 ribu.


Alurnya, bantuan tersebut akan diberikan kepada Bank Himbara selaku bank penyalur dana bantuan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) untuk selanjutnya diberikan kepada penerima BSU tahap pertama.


Lantas, bagaimana bagi pekerja yang tidak memiliki rekening bank Himbara?

Pekerja yang tidak memiliki rekening Himbara tidakĀ perlu khawatir. Pasalnya, pekerja dengan rekening bank swasta dapat mengambil bantuan tersebut di Kantor Pos terdekat.

Sekretaris Direktorat Jenderal PHI Jaminan Sosial Kementerian Ketenagakerjaan Surya Lukita sebelumnya mengemukakan bantuan subsidi upah nantinya tidak hanya akan disalurkan dengan metode transfer ke rekening masing-masing pekerja.

"Ada tiga pos untuk ambil BSU ini," kata Surya seperti dikutip, Selasa (13/9/2022).

Surya memastikan jika para pekerja tidak memiliki nomor rekening Himbara, mereka bisa langsung mengambil bantuan di Kantor Pos terdekat, atau di Indomaret yang juga sudah bermitra dengan perusahaan pelat merah sektor pelayanan.

"Mereka [PT Pos Indonesia] punya kerja sama dengan Indomaret dan ATM BCA kami transferkan ke PT Pos. Dari PT Pos menginfokan ke penerima BSU," kata Surya.

Bagi Anda para penerima BSU mengalami kendala pencairan, maka dapat menghubungi nomor hotline yang sudah disediakan. Anda bisa menghubungi 1500630 atau melalui situs otoritas ketenagakerjaan di bantuan.kemnaker.go.id dan siapkerja.go.id.

Namun sebelum melakukan pengaduan, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu apakah Anda masuk dalam kriteria penerima BSU. bagi Anda yang ingin mengetahui apakah mendapatkan BSU atau tidak, bisa langsung mengecek aplikasi BJSTKU atau mengunjungi laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kabar Gembira! Penyaluran Subsidi Gaji Cair Minggu Ini


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading