Terungkap! Ini Warisan dan Pundi Kekayaan Ratu Elizabeth

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
10 September 2022 16:30
Timeline Meninggalnya sang ratu Elizabeth II Foto: Infografis/Timeline Meninggalnya sang ratu Elizabeth II/Aristya rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Wafatnya Ratu Inggris, Elizabeth II, meninggalkan teka-teki terkait harta dan warisan yang dimilikinya. Pasalnya, Kerajaan Inggris sendiri dikenal sebagai salah satu yang berpengaruh di dunia.

Kerajaan Inggris diperkirakan memiliki kekayaan sebesar US$ 95 miliar atau setara Rp1.356 triliun. Kekayaan tersebut termasuk Istana Buckingham dengan luas 77.109 meter persegi. Kekayaan tersebut ditaksir oleh konsultan penilaian bisnis, Brand Finance

Pada tahun 2022, harta Ratu Elizabeth secara pribadi diperkirakan bernilai 365 juta pound (sekitar Rp 6,2 triliun). Menurut Sunday Times Rich List, angka ini naik 15 juta pound dari penghasilannya tahun 2020 dan termasuk Sovereign Grant dan penghasilan pribadinya.

Percaya atau tidak, selama bertahun-tahun, peringkatnya sebagai orang terkaya mengalami penurunan, di mana pada 2020, ia berada di posisi ke 372, turun 30 peringkat sejak 2018. Forbes sendiri menyebut secara keseluruhan kekayaan bersih kerajaan adalah 72,5 miliar pound.

Ada tiga sumber kekayaan Ratu Elizabeth II, yakni pembayaran Sovereign Grant tahunan, Privy Purse, dan kekayaan serta warisan pribadinya.

1. Kekayaan dari Sovereign Grant

Sovereign Grant adalah angka yang dia terima setiap tahun dari pemerintah. Jumlah yang diterima sebesar 15% dari keuntungan yang diperoleh setiap tahun oleh Crown Estate. Ini adalah real properti besar di Inggris yang bernilai 8,1 miliar poundsterling. Dulunya milik monarki tetapi sekarang dimiliki oleh perbendaharaan negara.

Pada 2020-21, Sovereign Grant yang diberikan kepada Ratu berjumlah 85,9 juta poundstrerling.

Situs resmi Keluarga Kerajaan harus menerbitkan laporan keuangan setiap tahun yang menjelaskan bagaimana uang ini dibelanjakan. Seperti berapa bagian untuk hibah, pemeliharaan properti, termasuk rumah tangga Ratu.

2. Kekayaan dari Privy Purse

Sumber kedua adalah kekayaan mandiri yang tidak didanai oleh pembayar pajak. Privy Purse terkait Kadipaten Lancaster.

Privy Purse pada dasarnya adalah portofolio tanah, properti, dan aset lainnya yang telah dipercayakan kepada kerajaan sejak 1399. Sejak buyut Ratu menjadi Adipati di sana.

"Pada akhir Maret 2021, Lancaster memiliki 577,3 juta poundsterling aset bersih di bawah kendalinya, dengan surplus bersih sebesar 22,3 juta poundsterling," kata sebuah pernyataan di situs Duchy of Lancaster.

Surplus bersih tersebut diterima Ratu Inggris.

3. Kekayaan dari Warisan Pribadi

Elizabeth juga memiliki pendapatan pribadinya sendiri yang didasarkan pada warisan dan uang dari properti milik sendiri. Misalnya, Balmoral dan Sandringham Estates, yang keduanya diwarisi dari ayahnya.

Lalu ada harta 10 juta poundsterling milik Pangeran Philip, sang mendiang suami. Ini diserahkan padanya setelah kematiannya pada April tahun lalu.

"The Times melaporkan bahwa bagian dari warisan Pangeran Philip termasuk koleksi besar lukisan karya Edward Seago dan 3.000 buku" tulis situsGood.to.

Ibunya juga meninggalkan Elizabeth sekitar 70 juta poundsterling kekayaan ketika dia meninggal pada tahun 2002. Di dalamnya, termasuk beberapa karya seni yang nilainya signifikan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Skandal Inggris Era Ratu Elizabeth, Selingkuh-Mau Bunuh Diri


(haa/haa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading