Internasional

Ngeri! Pilot Boeing 737 Ketiduran, Pesawat Gagal Mendarat

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
19 August 2022 14:10
Currently the world's largest airplane, Ukrainian Antonov An-225 Mriya, (means Foto: Ilustrasi (AP Photo/Efrem Lukatsky)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah pesawat udara berjenis Boeing 737 milik Ethiopian Airlines dilaporkan gagal mendarat saat terbang dari Sudan ke Ethiopia, awal pekan ini. Hal itu dikarenakan pilot pesawat yang tertidur.

Dalam laporan NZ Herald yang melansir Aviation Herald, sebetulnya tanda peringatan pesawat sudah dinyalakan saat pesawat itu sudah dekat landasan Bandara Bole di Addis Ababa. Namun tidak ada respon dari pilot yang tertidur sehingga pesawat tetap terbang pada ketinggian 37.000 kaki.

Kru Kontrol Lalu Lintas Udara berusaha menghubungi kru beberapa kali. Akan tetapi, tidak ada balasan dari pilot pesawat dengan kode penerbangan ET 343 itu.

"Bangun dan mungkin terkejut, pilot mengarahkan pesawat dan mendarat di landasan pacu 25 menit kemudian," tulis laporan itu dikutip Jumat, (19/8/2022).

Beruntungnya, dalam insiden ini, tidak ada ada yang terluka. Pesawat yang terbang dari Khartoum itu berhasil mendarat dengan selamat.

Memposting tentang kejadian tersebut di Twitter, analis penerbangan Alex Macheras menggambarkannya sebagai 'sangat memprihatinkan.' Ia menyalahkan kelelahan pilot atas insiden tersebut.

"Ethiopian Airlines Boeing 737 #ET343 masih pada ketinggian jelajah 37.000 kaki pada saat mencapai tujuan Addis Ababa," tulisnya.

"Mengapa tidak mulai turun untuk mendarat? Kedua pilot sedang tidur."

"Kelelahan pilot bukanlah hal baru, dan terus menjadi salah satu ancaman paling signifikan terhadap keselamatan udara - secara internasional," tambahnya.

Ethiopian Airlines sendiri merupakan maskapai terbesar di Benua Afrika. Maskapai itu mengoperasikan penerbangan ke 139 kota di dunia termasuk Jakarta.

Maskapai ini sendiri pernah berurusan dengan kejadian kecelakaan yang melibatkan Boeing 737 MAX. Pada Maret 2019 lalu, sebuah pesawat Boeing 737 MAX milik maskapai itu jatuh sesaat setelah lepas landas di Bandara Addis Ababa.

Kejadian ini menewaskan seluruh penumpang dan kru penerbangan berkode ET302 tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Fakta Boeing 737-800, Pesawat Teraman yang Jatuh di China


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading