Hiii Ngeri! Jokowi Sebut 107 Negara Krisis, Puluhan Ambruk

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
16 August 2022 16:50
Presiden Indonesia Joko Widodo, mengenakan pakaian adat dari Kepulauan Bangka Belitung, berdoa setelah menyampaikan Pidato Kenegaraan menjelang Hari Kemerdekaan negara di gedung parlemen di Jakarta, Indonesia, Selasa (16/8/2022). (Bagus Indahono/Pool via REUTERS) Foto: Presiden Indonesia Joko Widodo, mengenakan pakaian adat dari Kepulauan Bangka Belitung, berdoa setelah menyampaikan Pidato Kenegaraan menjelang Hari Kemerdekaan negara di gedung parlemen di Jakarta, Indonesia, Selasa (16/8/2022). (Bagus Indahono/Pool via REUTERS)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengungkap kabar yang kurang mengenakkan. Setidaknya ada 107 negara yang terdampak krisis, di mana sebagian di antaranya diperkirakan jatuh bangkrut.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden Dalam Rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI Dalam Sidang Bersama DPR RI-DPD RI.


"107 negara terdampak krisis, sebagian di antaranya diperkirakan jatuh bangkrut," kata Jokowi, Selasa (16/8/2022).

Jokowi menyebut situasi yang dialami saat ini tidaklah mudah, baik bagi negara lain maupun Indonesia. Namun, kepala negara menegaskan bahwa situasi saat ini perlu dihadapi dengan kehati-hatian dan kewaspadaan yang ekstra.

Apalagi, setelah menghadapi pandemi Covid-19, dunia saat ini dihadapi dengan perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina yang akhirnya memicu terjadinya krisis, baik krisis energi, krisis pangan, hingga krisis finansial.

"Diperkirakan 554 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan," kata Jokowi.

Di tengah tantangan yang berat, Jokowi menekankan Indonesia seharusnya lebih bersyukur karena tidak termasuk dalam negara yang terdampak begitu signifikkan terhadap krisis yang terjadi.

"Indonesia berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia dengan 432 juta dosis vaksin yang telah disuntikkan," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Kabar Gak Enak Di Balik Pertemuan Jokowi-Zelensky-Putin


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading