Sidang Tahunan MPR/DPR

Di Depan MPR/DPR, Jokowi Pamer RI Diterima Rusia dan Ukraina

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
16 August 2022 11:07
Pidato Presiden Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022. (Tangkapan Layar via Youtube Sekretariat Presiden) Foto: Pidato Presiden Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022. (Tangkapan Layar via Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Jokowi menegaskan Indonesia adalah bangsa yang tangguh antara lain punya kekuatan mengendalikan pandemi, punya kekayaan alam, bonus demografi, dan dipercaya dunia internasional. Salah satu contohnya soal kepercayaan internasional adalah soal Ukraina dan Rusia yang percaya Indonesia.

"Kekuatan keempat adalah kepercayaan internasional yang meningkat tajam. Indonesia diterima oleh Rusia dan Ukraina sebagai jembatan perdamaian," kata Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR/DPR, Selasa (16/8/2022)

Ia mengatakan bisa diterima negara-negara besar, walau geopolitik sedang panas tentu sebuah keunggulan Indonesia. Indonesia juga dipercaya PBB sebagai Champions dari Global Crisis Response Group untuk penanganan krisis global. Tahun 2022 ini, kita menjadi Presiden G20, organisasi 20 negara ekonomi terbesar di
dunia.

"Tahun depan, menjadi Ketua ASEAN. Artinya, kita berada di puncak kepemimpinan global dan memperoleh kesempatan besar untuk membangun kerja sama internasional," katanya.

Jokowi mengatakan kepercayaan besar dari masyarakat internasional juga bisa dirasakan di dalam negeri. Reformasi struktural untuk daya saing dan iklim berusaha terus kita lakukan. Ekosistem investasi dan pertumbuhan UMKM terus diperbaiki.

"Hilirisasi dan manufaktur di dalam negeri terus tumbuh pesat. Pertumbuhan investasi juga meningkat tajam, di mana 52% di antaranya, berada di
Luar Jawa. Artinya, ekonomi kita bukan hanya tumbuh pesat, tetapi juga tumbuh merata, menuju pembangunan yang Indonesia Sentris," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Lebih dari 5 Juta Warga Ukraina Mengungsi, ke Mana Saja?


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading