Kalau Saja China-Taiwan Perang, RI Sudah Pasti Ketiban Sial!

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
15 August 2022 11:26
Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa (Disjas) BPS, Setianto mengumumkan perkembangan ekspor dan impor Indonesia Juli 2022. (Tangkapan Layar via Youtube BPS) Foto: Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa (Disjas) BPS, Setianto mengumumkan perkembangan ekspor dan impor Indonesia Juli 2022. (Tangkapan Layar via Youtube BPS)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketegangan China dan Taiwan menambah daftar kekhawatiran dunia pada saat ini, termasuk Indonesia. Apabila perang meletus, maka Indonesia akan ketiban sial cukup parah.

"Perkembangan ini perlu kita waspadai, karena Tiongkok dan Taiwan penting dalam perdagangan internasional," ungkap Setianto Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Badan Pusat Statistik (BPS), Senin (15/8/2022)


Nilai Ekspor Tiongkok - Taiwan  (Tangkapan Layar via Youtube BPS)Foto: Nilai Ekspor Tiongkok - Taiwan (Tangkapan Layar via Youtube BPS)
Nilai Ekspor Tiongkok - Taiwan (Tangkapan Layar via Youtube BPS)

Kedua negara tersebut juga merupakan mitra dagang utama tanah air. China sendiri mengambil porsi 20% dari total perdagangan. Sedangkan Taiwan, meskipun porsinya tidak besar akan tetapi perannya penting dalam memasok komponen elektronik.

"Jadi, terkait geopolitik ini, China dan Taiwan jadi sangat strategis perdagangan internasional Indonesia," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Rusia-Ukraina Minggir Dulu, 2 Tetangga RI Terancam Perang


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading