Sinar Mas Kuasai Tambang Batu Bara di Australia

News - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
15 August 2022 00:00
Board Member Grup Sinar Mas Franky Oesman Widjaya Foto: Wahyu Daniel

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan energi milik grup Sinar Mas , PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA), resmi menyelesaikan akuisisi tambang batu bara metalurgi di Australia.

Pada 12 Agustus 2022, DSSA melalui anak usahanya, mengambil alih 20% saham Stanmore SMC Pty Ltd (dahulu bernama BHP Mitsui Coal Pty Ltd) (SMC), perusahaan pertambangan batu bara metalurgi yang didirikan berdasarkan dan tunduk pada hukum Australia.

DSSA melalui entitas anak tidak langsung, yakni Stanmore Resources Limited ("Stanmore") dan Dampier Coal (Queensland) Proprietary Limited, telah menandatangani perjanjian dengan Mitsui & Co. Ltd, dan Mitsui & Co. (Australia) Ltd. terkait pengambilalihan saham tersebut.



Dengan pengambilalihan ini, Stanmore melalui entitas anak (Dampier) akan memiliki 100% saham SMC. Adapun nilai pengambilalihan saham tersebut sebesar US$ 380 juta setara Rp 5,62 triliun (asumsi kurs Rp 14.799/US$).

"Pengambilalihan sebesar US$ 380 juta ini akan didanai dengan dana kas internal dan diharapkan dapat diselesaikan pada kuartal IV tahun 2022," jelas keterbukaan informasi, dikutip Minggu (14/8/2022).

Susan Chandra, Sekretaris Perusahaan DSSA mengungkapkan pengambilalihan ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah jangka panjang bagi seluruh pemegang saham Perseroan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Australia Kaya Batu Bara Tapi Krisis Listrik, Ini Sebabnya


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading