Negara Lain Pasti Iri, RI Punya 'Harta Karun Super Langka'

News - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
12 August 2022 10:00
Rare earth element atau yang juga dikenal dengan sebutan logam tanah jarang (LTJ) . (CNBC Indonesia/Tri Susilo) Foto: Rare earth element atau yang juga dikenal dengan sebutan logam tanah jarang (LTJ) . (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia memang kaya raya! Tercatat memiliki harta karun super langka berupa mineral logam tanah jarang (LTJ) atau rare earth element (REE) yang jarang dimiliki oleh negara-negara lain. Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat Indonesia sebagai Ring of Fire dikaruniai sejumlah potensi mineral yang langka ini.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Eko Budi Lelono mengatakan bahwa Indonesia menyimpan potensi Logam Tanah Jarang (LTJ). Memang sejauh ini belum dikembangkan, karena Indonesia masih perlu banyak belajar mengenal mineral yang disebut mineral kritis tersebut. Mengingat, sejauh ini baru China yang paling pesat dalam pengembangan LTJ.

"Namanya juga mineral jarang, keberadana hanya di lokasi tertentu gak semua negara punya. Karena jarang, hukum ekonomi barang langka dan jarang barangnya mahal, lebih jauh dari batu bara misalnya, coba dilihat lithium berapa harganya. Tapi memang mahal itu per gramnya," ungkap Eko Budi, di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

"Namun potensi itu ada, tahunya dari mineral kritis tadi sebenarnya sudah dideteksi keberadaannya bersamaan dengan mineral utama saat menggali timah, di situ ada LTJ nya ternyata," kata dia di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Lebih lanjut, pihaknya sendiri telah melakukan penyelidikan terkait dengan adanya logam tanah jarang di beberapa wilayah di Indonesia. Misalnya di Bangka Belitung di dalam proses kandungan timah.

Adapun Indonesia yang disebut sebagai ring of fire mulai dari Sumatera Utara sampai Sumatera Selatan, Pulau Jawa sampai ke Timur Indonesia merupakan jalur vulkanik.

"Jadi sepanjang jalur itu ada mineralisasi, kan mineral-mineral itu asalnya dari batuan juga dari bumi itu. Kita ketahui untuk LTJ yang saat ini asosiasinya dengan jalur timah makanya kita cari jalur timah mulai Sumut sampai timur. Di Sumatera Utara di daerah Parmonangan ada juga itu endapan LTJ di situ terus ke arah Kalimantan Barat, Sulawesi Barat itu ada beberapa endapan yang setelah dicek ada LTJ," ungkap Eko.

Tak hanya itu, di Lumpur Lapindo, Sidoarjo saat ini Dalam penyelidikan tersebut pihaknya justru menemukan adanya potensi mineral kritis seperti Lithium dan Stronsium.

Namun, hingga kini menurut Budi belum dihitung secara pasti besaran dari Lithium dan Stronsium yang ditemukan di Lumpur Lapindo tersebut. Sehingga pihaknya masih akan melakukan kajian lanjutan ke depan.

"Sampai saat ini belum pernah dihitung berapa besar sumber daya atau cadangannya. Itu tugas kita ke depan Badan Geologi bagaimana ke depan memberikan informasi dan estimasi dari masing-masing mineral kritis itu," kata dia.

Sebelumnya, Koordinator Mineral Pusat Sumber Daya Mineral Batu Bara dan Panas Bumi Badan Geologi Kementerian ESDM, Moehammad Awaluddin mengatakan, pihaknya akan fokus menggarap mineral lithium dan Stronsium.

Pihaknya juga akan melakukan kerjasama dalam menggarap lithium ini. Adapun kerjasama itu dimaksudkan untuk melakukan ekstraksi oleh lembaga lain termasuk dari Amerika Serikat (AS) yakni Energy Resources Government Initiative.

Sementara itu, dengan data yang dimiliki oleh Badan Geologi mengenai adanya lithium di Lumpur Lapindo itu, pihaknya tak menampik bahwa banyak badan usaha yang melirik untuk menggarap proyek di Lumpur Lapindo ini. Hanya saja memang, pemerintah belum melaksanakan pembukaan lelang untuk proyek di Lumpur Lapindo ini.

"Untuk mineral logam ini memang secara pengusahaan dilakukan melalui skema lelang, beberapa badan usaha juga mulai melihat ini sebagai suatu peluang. Artinya pemerintah akan mendorong terkait pengembangan ke depan," tandas Awaluddin.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Penampakan Harta Karun Super Langka RI, Bikin Asing Rebutan


(pgr/pgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading