Panasnya China-Taiwan Tambah Daftar Kekhawatiran Sri Mulyani!

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
11 August 2022 15:56
Menteri Keuangan Sri Mulyani Saat Konferensi Pers: APBN KITA Agustus 2022. (Tangkapan Layar Youtueb Kemenkeu) Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani Saat Konferensi Pers: APBN KITA Agustus 2022. (Tangkapan Layar Youtueb Kemenkeu)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketegangan antara China dan Taiwan masuk dalam daftar risiko yang mengancam perekonomian global, termasuk Indonesia.

Hal ini disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers APBN Kita, Kamis (11/8/2022.


Menurut Sri Mulyani situasi global sudah memburuk sejak pandemi covid-19. Belum sepenuhnya pulih ada lagi persoalan perang Rusia dan Ukraina yang mengganggu pasokan barang.

"Ketegangan melonjak tinggi di Taiwan. ini pasti akan menimbulkan risiko pada disrupsi sisi supply," ungkap Sri Mulyani.

Diketahui, Tentara Taiwan dilaporkan mengadakan latihan tembak- menembak, Kamis (11/8/2022). Ini terjadi sehari pasca Beijing mengakhiri latihan militer terbesarnya di sekitar Taipe, reaksi atas kedatangan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke pulau itu.

Juru Bicara Korps Angkatan Darat Kedelapan Taiwan, Lou Woei-jye, mengatakan pasukannya menembakkan howitzer dan target suar sebagai bagian dari latihan pertahanan di Pingtung. Latihan telah dimulai sejak pukul 8.30 waktu setempat dan berlangsung satu jam.

"Kami memiliki dua tujuan untuk latihan tersebut," katanya dikutip AFP.

"Yang pertama adalah untuk mengetahui kondisi artileri yang tepat dan kondisi perawatannya. Yang kedua adalah untuk mengkonfirmasi hasil tahun lalu," kata Lou, mengacu pada latihan tahunan yang memang kerap dilakukan pulau tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Rusia-Ukraina Minggir Dulu, 2 Tetangga RI Terancam Perang


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading