Internasional

Dear RI, Zelensky Akan Hadiri KTT G20 Bali Tapi...

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
10 August 2022 17:00
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara dari Kyiv, Ukraina, pada hari Senin (21/3/2022). (Ukrainian Presidential Press Office via AP) Foto: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara dari Kyiv, Ukraina, pada hari Senin (21/3/2022). (Ukrainian Presidential Press Office via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dilaporkan siap menghadiri undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk datang ke KTT G20 di Bali November mendatang. Namun ada syarat khusus yang diinginkan oleh Zelensky.

Dalam sebuah wawancara, penasihat kantor kepresidenan Ukraina Mikhail Podolyak mengatakan Zelensky akan terbang langsung ke Bali bila Presiden Rusia Vladimir Putin juga hadir langsung dalam gelaran itu.

Ia juga menambahkan bahwa kehadiran pemimpin Rusia di setiap acara "secara tidak langsung berarti bahwa penyelenggara KTT melegitimasi posisi Rusia" dalam masalah Ukraina.


"Presiden percaya bahwa dia harus berada di wilayah Ukraina, dan format online hari ini memungkinkan kerja yang efektif di KTT manapun," ujar Podolyak dalam sebuah wawancara dengan BBC Ukraina seperti dikutip TASS, Rabu (10/8/2022).

"Tetapi, jika dia (Putin) akan hadir (di KTT), kita pasti harus memikirkan kebutuhan akan kehadiran kita."

KTT G20 akan diadakan di pulau Bali Indonesia pada 15-16 November dalam format tatap muka. Dalam kegiatan itu, beberapa pemimpin dunia diprediksi hadir yang salah satunya adalah Rusia yang merupakan anggota G20

Jokowi sendiri mengundang secara langsung Zelensky untuk datang ke acara itu. Kehadiran Zelensky sendiri diharapkan dapat membahas persoalan Ukraina pasca serangan Rusia dan potensi perdamaian ke depan.

Meski begitu, pihak Rusia sendiri masih belum bisa memastikan secara pasti apakah Putin akan hadir dalam gelaran itu. Diketahui, beberapa anggota G20 seperti Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Kanada telah menyatakan pertentangannya terhadap kehadiran Putin.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Telepon Zelensky, RI Undang Ukraina ke G20 Bali


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading