Ekonomi RI Naik 5,44%, Bahlil: RI Salah Satu Terbaik di Dunia

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
10 August 2022 12:43
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. (Dokumentasi CNBC Indonesia TV) Foto: Bahlil Lahadalia. (Dokumentasi CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia mengeklaim fondasi perekonomian Indonesia salah satu yang terbaik di dunia. Klaim itu dipaparkan Bahlil dalam dialog eksklusif Economic Update program Power Lunch, Selasa (10/8/2022).

"Kita jangan kufur nikmat, kita jangan tidak mensyukuri apa yang Allah berikan, pertumbuhan ekonomi nasional kita salah satu yang terbaik di dunia, fondasi makroekonomi kita salah satu terbaik di dunia," ujarnya.

Klaim Bahlil didasari oleh pertumbuhan ekonomi kuartal II yang mencapai 5,44%.

"Negara G20 yang pertumbuhannya bagus siapa? Indonesia," katanya.

Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda itu pun bilang kalau inflasi Indonesia sebesar 4,35% terkendali. Sementara negara-negara anggota G20 lain seperti Turki mencatatkan inflasi double digit lantaran harga pangan dan minyak dan gas yang melonjak.

"Apa yang mau saya bilang? fondasi ekonomi kita dengan pertumbuhan konsumsi kita itu kan 5,1% investasi, tumbuh 3,1% dan ekspor impor kita bagus. Bayangkan mau dapat pertumbuhan kaya gini di mana," ujar Bahlil.

Lebih lanjut, Bahlil mengatakan, Indonesia mempunyai potensi sumber daya alam (SDA) yang besar. Kemudian populasi penduduk Indonesia mencapai 43% dari total penduduk ASEAN.

"Kita dorong program hilirisasi berorientasi green energy, green industry. Ini jadi referensi investor menanamkan modal di mana," kata Bahlil.

"Kita juga pandai memainkan peran politik global kita dengan bebas aktif kita friend dengan AS, China, Uni Eropa, Jepang, Korea, kita semua friend. Karena asas politik bebas aktif di ekonomi juga menganut ini saya yakinkan saya keliling negara tujuan investor saya tawarkan hari ini Indonesia jadi surga investasi. Tapi harus kolaborasi dengan pengusaha nasional dan pengusaha UMKM," lanjutnya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tesla Bakalan Rugi Kalau Nggak Investasi di RI, Ini Alasannya


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading