RI Negara Kaya, Bisa Gak Sih Semuanya Gratis Bu Sri Mulyani?

News - Redaksi, CNBC Indonesia
09 August 2022 21:11
INFOGRAFIS, Cair, Ini Jadwal Pencairan Gaji ke-13 PNS Foto: Infografis/Gaji ke-13 PNS /Edward Ricardo

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia selalu disebutkan sebagai negara kaya raya, terutama karena sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Maka tak heran bila masyarakat menuntut banyak hal kepada negara.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menganggap segala pandangan tersebut tidak salah. Termasuk apabila ada yang merasa seharusnya seluruh fasilitas di negara ini bisa didapatkan dengan gratis.


"Indonesia negara katanya kaya, harusnya segala macam free dong. Ada tuntutan kayak gitu, gak salah," ungkap Sri Mulyani dalam podcast Kabinet dan Sekretariat Kabinet yang ditayangkan pada Youtube, Selasa (9/8/2022)

Akan tetapi, kata Sri Mulyani ada beberapa hal yang harus dipahami sebagai warga negara. Salah satunya proses negara melalui pemerintah untuk menyediakan fasilitas tersebut.

"Ada harapan antara rakyat ke negara, untuk ada kontrak antara negara dan rakyat dibutuhkan uang," jelasnya.

"Apakah saya ingin jalan-jalan semua mulus semua, kan gak bisa sim salabim. Saya ingin listrik dan wifi di mana-mana, kan harus dibangun. Saya ingin anak sekolah sekolahnya bagus, maka harus dibangun dan gurunya dibayar," papar Sri Mulyani.

Uang yang digunakan pemerintah berasal dari masyarakat sendiri, lewat pajak dan pungutan lainnya. Tentu bukan seluruh masyarakat, melainkan kelompok yang memiliki pendapatan di atas yang sudah ditentukan pemerintah.

"Jadi yg membiayai ini semua dari uang kita sendiri, karena kita negara merdeka dan berdaulat," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kenapa Kita Harus Bayar Pajak Sih Bu Sri Mulyani?


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading