Kalahkan Jepang, Korsel-China Agresif Garap Mobil Listrik RI

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
09 August 2022 13:50
Hyundai Ioniq 5 di pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 Jakarta, Jumat (22/7/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Hyundai Ioniq 5 di pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 Jakarta, Jumat (22/7/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun 2022 bisa disebut menjadi tonggak sejarah awal mula produksi mobil listrik di Tanah Air. Setelah Hyundai resmi memproduksi Ioniq 5 di Pabrik Delta Mas Cikarang, terbaru Wuling resmi memproduksi Air ev di kawasan yang sama mulai bulan ini.

Kedua pabrikan itu terbilang baru memproduksi mobil listrik di Indonesia. Wuling sendiri baru mendapat izin pendirian pabrik tahun 2015, sementara Hyundai aktif melakukan ekspansi sejak tahun lalu.

Uniknya, tidak ada nama pabrikan Jepang di proyek produksi full electric vehicle (EV) di RI. Padahal, pabrikan asal Jepang sudah puluhan tahun menanamkan investasinya di industri otomotif nasional. Suzuki memang sudah memproduksi Ertiga Hybrid di pabrik Cikarang, namun statusnya bukan full EV.


Sebaliknya, Hyundai dari Korea Selatan dan Wuling pabrikan dari China nampaknya lebih serius dalam menggarap pasar otomotif di Tanah Air, terbaru Wuling dengan hadirnya Wuling Air ev.

"Wuling Air ev merupakan kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) terbaru yang dikembangkan oleh Wuling untuk dunia dan Indonesia menjadi negara pertama yang memproduksinya. Dengan demikian kami berharap melalui produk dan inovasi terbaru ini dapat selaras dengan strategi dan kampanye global mengenai penghematan energi, pengurangan emisi, perlindungan terhadap lingkungan serta akselerasi elektrifikasi kendaraan di Tanah Air," kata Shi Guoyong selaku President Director Wuling Motors dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (9/8/2022). 

"Kami pun bangga bahwa kendaraan listrik hasil produksi putra putri Indonesia ini memiliki kualitas yang mampu berkompetisi di pasar domestik, namun juga mancanegara," lanjutnya.

Wuling air ev di pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 Jakarta, Jumat (22/7/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)Foto: Wuling air ev di pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 Jakarta, Jumat (22/7/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Wuling air ev di pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 Jakarta, Jumat (22/7/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Wuling memastikan bahwa pabriknya mampu mencapai efisiensi proses produksi dan menghasilkan produk berkualitas tinggi. Pabrik Wuling yang berlokasi di Cikarang ini didukung dengan empat fasilitas produksi dan terintegrasi dengan supplier park yang berada di dalam satu kawasan seluas 60 hektar.

Fasilitas tersebut terdiri dari Press Shop, area untuk memproduksi komponen rangka dan bodi melalui proses stamping. Body Shop yang dirancang untuk menyatukan seluruh komponen rangka dan bodi dengan proses welding yang akurat. Kemudian ada Paint Shop untuk mengecat seluruh bodi mobil yang memenuhi syarat dengan teknologi cat terdepan.

Kemudian, general assembly yang dirancang untuk merakit seluruh komponen mobil, dan area terakhir adalah fasilitas pengujian kualitas untuk memastikan kualitas terbaik dari Wuling Air ev sebelum sampai ke tangan konsumen.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sebelum Beli Cek Dulu Keunggulan Mobil Listrik Pertama RI


(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading