Heboh Jokowi-Ganjar-Erick Muncul di Solo, Kode Keras 2024?

News - Muhammad Iqbal & Chandra G. Asmara, CNBC Indonesia
08 August 2022 13:25
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo menghabiskan waktu bersama cucunya, Jan Ethes Srinarendra, dengan berjalan santai di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Kota Surakarta, Minggu, 7 Agustus 2022. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden) Foto: Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo menghabiskan waktu bersama cucunya, Jan Ethes Srinarendra, dengan berjalan santai di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Kota Surakarta, Minggu, 7 Agustus 2022. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin menghabiskan waktu bersama cucunya Jan Ethes Srinarendra dengan berjalan santai di lokasi car free day (CFD), Jalan Slamet Riyadi, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi. Selain itu, ikut dalam rombongan lainnya adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.


Jokowi terlihat sporty dengan mengenakan kaos oblong lengkap dengan jaket olahraga berwarna merah yang bertuliskan G20 Indonesia. Sementara itu ibu negara juga mengenakan jaket sporty bercorak merah dan kuning.

Adapun Erick Thohir dan Gibran kompak mengenakan polo shirt berwarna putih dengan celana berwarna hitam. Sementara itu, Ganjar Pranowo menggunakan kaos biru bertuliskan Kagama yang adalah akronim dari Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berjalan santai di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Kota Surakarta, Minggu, 7 Agustus 2022. (tangkapan Layar via Youtube Sekretariat Presiden)Foto: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berjalan santai di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Kota Surakarta, Minggu, 7 Agustus 2022. (tangkapan Layar via Youtube Sekretariat Presiden)

Momen jalan bersama itu juga diabadikan oleh Erick Thohir dalam akun Instagram resminya, seperti dikutip Senin (8/8/2022). Erick memperlihatkan bagaimana masyarakat mengabadikan momen dirinya bersama Jokowi dan Ganjar melalui gawai mereka.

“Akhir pekan yang bersemangat. Semoga hari Minggu yang berbahagia ini bisa dinikmati bersama keluarga atau orang-orang tersayang. Jangan lupa berolahraga, salam sehat,” kata Erick.

Dalam unggahan Erick tersebut, ia terlihat berada satu mobil bersama Ganjar. Erick yang semula berada di kursi belakang mobil, diminta Ganjar untuk berpindah tempat ke tengah mendampingi dirinya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Menteri BUMN Erick Thohir terlihat ikut hadir berjalan santai bersama Presiden Jokowi di sepanjang jalan Slamet Riyadi, Surakarta, Jawa Tengah, Minggu, 7 Agustus 2022. (Tangkapan Layar via Instagram @erickthohir)Foto: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Menteri BUMN Erick Thohir terlihat ikut hadir berjalan santai bersama Presiden Jokowi di sepanjang jalan Slamet Riyadi, Surakarta, Jawa Tengah, Minggu, 7 Agustus 2022. (Tangkapan Layar via Instagram @erickthohir)

“Enggak, gak boleh. Depan depan. Enggak boleh. Gak jadi berangkat kalau gitu,” kata Ganjar mengajak Erick pindah tempat duduk.

“Istri bapak di mana?,” tanya Erick kepada Ganjar.

Gerak gerik Jokowi dalam beberapa waktu terakhir memang kerap dikaitkan dengan sinyal dukungan jelang Pilpres 2024. Apakah benar demikian?

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo menghabiskan waktu bersama cucunya, Jan Ethes Srinarendra, dengan berjalan santai di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Kota Surakarta, Minggu, 7 Agustus 2022. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)Foto: Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo menghabiskan waktu bersama cucunya, Jan Ethes Srinarendra, dengan berjalan santai di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Kota Surakarta, Minggu, 7 Agustus 2022. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

“Ganjar Pranowo-Erick Thohir bisa dikatakan anak emas Pak Jokowi,” kata Direktur Eksekutif Poligov Muhammad Tri Andika saat berbincang dengan CNBC Indonesia, Senin (8/8/2022).

Tri mengemukakan, selain kader PDIP Ganjar juga merupakan sosok yang dipersepsikan mirip dengan ‘wajah’ Jokowi. Sementara Erick, merupakan mantan tim pemenangan Jokowi pada Pilpres 2019.

“Tak heran kalau pak Jokowi mendorong pasangan ini dalam Pilpres 2024,” jelasnya.

Tri memahami bahwa keduanya belum mendapatkan dukungan dari partai politik mana pun. Dukungan partai memang dibutuhkan karena tidak ada satu pun capres maupun cawapres yang bisa maju dalam Pemilu perseorangan.

“Meski keduanya belum dapat dukungan parpol, kalau elektabilitas keduanya tinggi, akan selalu ada parpol yang mendukung. Apalagi kalau pak Jokowi menggunakan instrumen politiknya untuk bargaining kepada ketua umum parpol,” jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ganjar Pranowo Tidur Bareng Anak-Mantu Jokowi di Sekolah PDIP


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading