Internasional

Perang Minggir! China Pening Covid Mudik, Lockdown Pulau

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
08 August 2022 12:00
A Chinese flag is raised during a medal ceremony for the women's freestyle skiing big air at the 2022 Winter Olympics, Tuesday, Feb. 8, 2022, in Beijing. (AP Photo/Jae C. Hong) Foto: Bendera China (AP Photo/Jae C. Hong)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 masih terus melanda wilayah-wilayah yang berada di China. Setelah Shanghai dan Beijing, kali ini gelombang infeksi telah menjalar luas di wilayah Pulau Hainan.

Dalam laporan Reuters, pulau resor yang berada di Laut China Selatan (LCS) itu telah melaporkan lebih dari 1.400 infeksi menular domestik bulan ini. Ini termasuk 982 kasus yang bergejala.

Hal ini pun mendorong otoritas setempat memberlakukan penguncian di beberapa titik pulau itu pada Senin (8/8/2022). Ini juga mempengaruhi kepercayaan pada sektor pariwisata dan perhotelan di pulau itu yang rentan terhadap pembatasan Covid-19.

Sekitar 25.000 wisatawan terdampar di salah satu kota terbesar pulau itu, Sanya, pada Minggu. Meskipun kota-kota mengatakan turis dapat pergi setelah tes Covid, banyak yang frustasi dan khawatir dengan gangguan perjalanan yang dapat terjadi pada rencana mereka.

"Di kota Qionghai, yang dijadwalkan akan dikunci selama tiga hari, semua penerbangan di Bandara Qionghai Boao yang dijadwalkan pada hari Senin dibatalkan dengan alasan keamanan publik," tulis laporan itu.

Secara nasional, China melaporkan 807 infeksi corona yang ditularkan secara lokal pada Minggu. Dari kasus itu, Komisi Kesehatan Nasional mengatakan 324 bergejala dan 483 tidak menunjukkan gejala.

Tidak ada kematian baru sehingga kasus kematian nasional di China tidak berubah dan masih berada di angka 5.226.

Dengan adanya kasus ini, China telah mengkonfirmasi 231.266 kasus dengan gejala. Ini juga termasuk termasuk pasien lokal dan pelancong internasional yang bergejala.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Update Baru Covid China, Ada Kota 'Dilockdown' Lagi


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading