Honorer Mohon Maaf! Ternyata Tak Semua Bisa Ikut Tes CPNS

News - Redaksi, CNBC Indonesia
08 August 2022 07:10
INFOGRAFIS, Gak Perlu Ngantor PNS Bakal Kerja Bak Pegawai Startup Foto: Infografis/ PNS WFA (Work From Anywhare)/ Edward Ricardo

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Kepegawaian Negara (BKN) kini tengah menyiapkan sistem pendataan honorer di seluruh instansi. Sederet syarat pun tersedia untuk honorer yang ingin mengikuti seleksi CPNS.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Mahfud MD, tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor B/ISII IM SM.01.00/2022 tertanggal 22 Juli, seperti dikutip CNBC Indonesia, Senin (8/8/2022). 

Surat ini sendiri memuat dua lampiran. Pertama tentang daftar nama tenaga non-ASN di lingkungan instansi pemerintah. Sementara yang kedua, tentang riwayat kontrak kerja tenaga non-ASN dan eks honorer K2.

Bagi honorer yang memenuhi semua persyaratan, maka akan diikutsertakan atau diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Pendataan ini dilakukan guna mendorong setiap instansi pemerintah melakukan penataan pegawai non-ASN yang berada dan telah diangkat di lingkungan instansi masing-masing guna mewujudkan kejelasan status, karir, dan kesejahteraan.

Surat ini sendiri ditujukan bagi pejabat pembina kepegawaian (PPK) instansi pusat dan daerah, dan diberikan tenggat waktu hingga 30 September 2022.

Berikut syarat tenaga non-ASN yang dapat mengikuti seleksi CPNS maupun PPPK:

  • Berstatus tenaga honorer kategori II (THK-2) yang terdaftar dalam database Badan Kepegawaian Negara dan Pegawai Non-ASN yang telah bekerja pada instansi pemerintah.

  • Mendapatkan honorarium dengan mekanisme pembayaran langsung yang berasal dari APBN untuk instansi pusat dan APBD untuk instansi daerah dan bukan melalui mekanisme pengadaan barang dan jasa, baik individu maupun pihak ketiga.

  • Diangkat paling rendah oleh pimpinan unit kerja

  • Telah bekerja paling singkat satu tahun pada tanggal 31 Desember 2021

  • Berusia paling rendah 20 tahun, paling tinggi 58 tahun pada 31 Desember 2021

[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pengumuman! Honorer Bakal Diganti Outsourcing, Gaji Naik?


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading