Internasional

Erdogan Sowan ke Putin, Rusia Malah Beri Peringatan

News - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
05 August 2022 21:28
Russia's President Vladimir Putin, right, and Turkish President Recep Tayyip Erdogan shake hands after a joint news conference followed six-hour talks in the Kremlin, in Moscow, Russia, Thursday, March 5, 2020. (Presidential Press Service via AP, Pool)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rusia memperingatkan Turki untuk tidak mengganggu Suriah. Ini diungkapkan jelang pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

"Turki memiliki kekhawatiran yang sah untuk alasan keamanan, yang tentu saja kami pertimbangkan," ungkap juru bicara Dmitry Peskov dikutip dari AFP, Jumat (5/8/2022).

"Sangat penting untuk tidak membiarkan tindakan apapun yang dapat menyebabkan destabilisasi situasi di Suriah, atau yang bisa membahayakan integritas teritorial dan politik."


Putin dan Erdogan akan mengadakan pertemuan di kota resor Laut Hitam Rusia, Sochi. Peskov mengatakan Suriah juga masuk dalam agenda perbincangan.

Dalam beberapa bulan terakhir, Erdogan melancarkan ancaman melakukan operasi pejuang Kurdi di Suriah utara. Namun saat pertemuan puncak di Teheran, Putin mengungkapkan menentang rencana tersebut.

Sebagai informasi baik Rusia dan Turki merupakan dua pemain internasional di Suriah. Moskow mendukung kelompok Damaskus dan Ankara sebagai oposisi.

Selain itu Ukraina juga akan dibahas oleh kedua pimpinan negara. Rusia diketahui melancarkan serangan kepada negaranya tersebut sejak Februari.

Karena serangan itu, Rusia dikecam negara Barat dan mendapatkan serangkaian sanksi. Turki membantu mengatur kesepakatan untuk melanjutkan pengiriman gandum Ukraina lewat Laut Hitam.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Putin Umumkan Daftar "Musuh" Rusia


(npb/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading