Internasional

Ini Pesan Anthony Fauci Buat yang Gak Mau Vaksin & Booster

News - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
04 August 2022 21:20
Anthony Fauci. (AP/Kevin Dietsch) Foto: Anthony Fauci. (AP/Kevin Dietsch)

Jakarta, CNBC Indonesia - Masih banyak orang yang enggan untuk mendapatkan vaksin Covid-19 dan booster atau dosis penguatnya. Kepala Penasihat medis Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Anthony Fauci, memiliki pesan pada orang-orang tersebut.

"Jika mereka tidak divaksinasi atau tidak dibooster, maka mereka akan mendapatkan masalah," kata Fauci dikutip dari CNBC Internasional, Kamis (4/8/2022).

Fauci menyoroti alasan mereka yang enggan mendapatkan dosis tambahan. Sebab orang-orang itu berada di luar populasi yang berisiko tinggi terkena Covid-19.


Sebagai informasi, populasi berisiko termasuk di antaranya lansia, mereka yang memiliki komorbid dan autoimun serta yang tidak divaksin penuh. "Orang-orang berkata, 'Risikonya rendah untuk saya. Jadi mengapa mendapatkannya'," terangnya.

Namun menurut Fauci, semakin lama virus beredar membuat peluang bermutasi menjadi varian baru semakin besar. Dengan begitu dapat mengancam populasi yang berisiko rendah sekalipun.

Dia juga menambahkan, sub-varian omicron BA.5 yang mendominasi beberapa negara dunia saat ini sangat lihai untuk menghindari sebagian antibodi pelindung dari vaksin. Namun itu bukan berarti menjadi alasan tidak mendapatkan vaksin.

Mendapatkan perlindungan lebih baik daripada tidak sma sekali. Vaksin juga masih dilaporkan bekerja sangat baik untuk mencegah penyakit parah, rawat inap, serta kematian.

Untuk mereka yang tidak khawatir dengan risiko terkena Covid-19, Fauci mengatakan dapatkan vaksin dan booster untuk tanggung jawab bersama.

Sementara itu menurut Fauci, suntikan booster dengan target varian Covid seperti BA5 mungkin akan tersedia bulan depan. Dia mengingatkan untuk mendapatkannya bagi yang telah memenuhi syarat serta jangan menunggu mengejar dosis yang sudah dilewatkan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kakek di Jerman Terima 90 Kali Vaksin Covid-19


(npb/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading