Wuih! Orang Asing Pelesiran ke Indonesia Naik 900%

News - Cantika Adinda Putri & Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
01 August 2022 12:53
Infografis: Turis asal mana yang Paling Sering Wisata ke RI Foto: Ilustrasi turis asing ke RI/ Infografis/CNBC Indonesia/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) melonjak drastis pada semester-I tahun 2022. Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan lonjakan kunjungan wisatawan mancanegara naik hampir sembilan kali lipat jika dibandingkan periode sama tahun 2021.

Secara kumulatif Januari-Juni 2022 kunjungan wisman dari pintu utama, mencapai 743.210 kunjungan atau naik 929,6% dari capaian periode sama tahun sebelumnya hanya 72.180 kunjungan.

"Ini kabar baik karena kunjungan wisman ini berpengaruh pada ekonomi Indonesia karena multiplier berdampak pada seluruh sektor," kata Kepala BPS Margo Yuwono, dalam konferensi pers, Senin (1/8/2022).

Kunjungan Wisman Menurut Kebangsaan di Pintu Masuk Utama (BPS)Foto: Kunjungan Wisman Menurut Kebangsaan di Pintu Masuk Utama (BPS)
Kunjungan Wisman Menurut Kebangsaan di Pintu Masuk Utama (BPS)

Namun, Margo menjelaskan capaian ini belum menyamai pada tahun semester-I tahun 2020 lalu. Dimana pada periode itu kunjungan wisman mencapai 2.131.737.

Secara bulanan, kunjungan wisman pada bulan Juni naik menjadi 345,4 ribu atau 62,69% dari bulan sebelumnya, dan naik 1.973% dibanding Juni 2021.

Adapun kontribusi terbesar berdasarkan pintu masuk berasal dari Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali, diikuti Soekarno Hatta, Cengkareng, lalu Hang Nadim, Batam. Sedangkan turis paling banyak berasal dari Australia, Singapura, dan Malaysia.

. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Catat! Mulai Hari ini Wisman Masuk Bali Bebas Karantina


(emy/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading