Covid DKI Naik Lagi, Waspadai Gejala yang Terasa Saat BAB Ini

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
07 July 2022 08:45
Gambar Konten, Omicron Foto: Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Perkembangan kasus Covid-19 di Tanah Air meledak. Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, kemarin kasus konfirmasi kasus harian bertambah hingga 2.743 kasus.

Dari angka tersebut, DKI Jakarta menjadi provinsi tertinggi penyumbang kasus tertinggi sebanyak 1.516 kasus, yang kemudian disusul oleh Jawa Barat dengan total 537 kasus dan Banten sebanyak 281 kasus.


Lonjakan kasus tak lepas dari munculnya varian Omicron BA.4 dan BA.5. Pada puncak gelombang Omicron beberapa waktu lalu, para ahli melaporkan banyak pasien yang menunjukkan gejala berhubungan dengan perut.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki Covid-19 terkadang dapat mengalami gejala gastrointestinal.

Mengutip Times of India, beberapa orang yang mengidap virus Corona mengeluhkan sakit perut yang akut saat terinfeksi virus tersebut, tapi rasa sakit yang terkait dengan Omicron biasanya terasa di sekitar bagian tengah perut.

Gejala virus Corona yang lebih ringan selalu disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala dan kelelahan. Dalam beberapa kasus, orang tersebut mungkin juga mengalami masalah sakit tenggorokan dan kehilangan nafsu makan.

Berikut adalah beberapa tanda yang tidak boleh Anda abaikan mengenai masalah perut menurut NHS:

1. Sakit perut Anda datang tiba-tiba atau sakit perut yang sangat parah

2. Sakit ketika perut tersentuh

3. Muntah darah dan muntahan terlihat seperti kopi bubuk

4. Tinja tampak berdarah atau hitam

5. Tidak bisa buang air kecil

6. Tidak bisa buang air besar atau kentut

Jika Anda positif Covid dan sedang mengalami sakit perut akut, para ahli menyarankan dua hal untuk menangani situasi tersebut.

Pertama, konsumsi makanan yang sehat dan cobalah untuk mengurangi makanan pedas dan berminyak. Kedua, perbanyak minum air putih untuk menghilangkan racun dari saluran pencernaan dan menjaga diri Anda tetap terhidrasi.

Masalah saluran cerna adalah tanda Covid yang tidak boleh dianggap enteng. Jika Anda merasakan masalah terkait perut dan kondisinya makin buruk dalam waktu 48 jam, segera periksa ke dokter.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Covid-19 Masih Ada! Berikut Data Sebaran Hari Ini


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading