Internasional

Jengjeng.. AS Terjunkan Pesawat Siluman ke Korea, Mau Perang?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
06 July 2022 13:02
Pesawat jet tempur siluman Chengdu J-20 China. Foto. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat (AS) menerjunkan pesawat siluman F-35 ke wilayah Korea Selatan (Korsel) untuk melakukan latihan. Latihan ini terjadi saat Washington dan Seoul sedang bersitegang dengan pihak Korea Utara (Korut).

Mengutip The Hill, AS menugaskan 10 unit pesawat F-35 untuk mengikuti latihan itu. Pesawat-pesawat tersebut telah mendarat di Korsel pada Selasa (5/7/2022) dan direncanakan akan melakukan latihan selama 10 hari dengan militer Seoul.

"Adaptasi bersama dan penerbangan pelatihan rutin akan meningkatkan interoperabilitas kedua Angkatan Udara untuk tampil dan beroperasi di dan sekitar Semenanjung Korea," kata pernyataan resmi militer AS merujuk ke interaksi kedua pasukan, dikutip Rabu (6/7/2022)


"Pelatihan penerbangan juga merupakan kesempatan bagi awak pesawat untuk melakukan tugas pemeliharaan dan pemeliharaan untuk mendukung teknologi pesawat militer terbaru," tambahnya.

Dalam pernyataan terpisah, Kementerian Pertahanan Korsel juga membenarkan ini. Lembaga itu mengatakan latihan menunjukkan hubungan pertahanannya dengan AS sangat kuat.

"Latihan itu ditujukan untuk menunjukkan aliansi Korsel-AS yang kuat, memperkuat postur pertahanan gabungan, serta meningkatkan interoperabilitas antara kedua Angkatan Udara," menurut Kantor Berita Yonhap.

Korsel dan AS sendiri saat ini diketahui memang bersitegang dengan Korut. Pasalnya, negara pimpinan Kim Jong Un itu masih melanjutkan dan bahkan meningkatkan uji coba misilnya.

Pada awal Juni, AS dan sekutunya menerbangkan puluhan jet di atas Semenanjung Korea dalam latihan yang ditujukan untuk menanggapi peluncuran rudal dari Korut. Mereka menyebut peluncuran itu merupakan provokasi dari Pyongyang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Korut Uji Coba Rudal, Pasukan AS di Korsel Tak Tinggal Diam


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading