Internasional

Rusia 'Menang' Lawan Covid! Cabut Semua Aturan Pembatasan

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
01 July 2022 16:35
Gedung Kremlin di Moskow, Rusia

Jakarta, CNBC Indonesia - Rusia telah mengakhiri semua aturan pembatasan untuk menekan penyebaran Covid-19, termasuk persyaratan untuk memakai masker, Jumat (1/7/2022). Ini dilakukan setelah turunnya angka kematian akibat virus tersebut.

"Rusia menangguhkan pembatasan yang diperkenalkan sebelumnya, termasuk rezim masker, larangan katering umum di malam hari, dan sejumlah tindakan lainnya," kata badan pengawas konsumen Rospotrebnadzor, melansir Reuters.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan Rusia untuk kembali memberlakukan tindakan pembatasan jika situasinya memburuk.


Dikatakan dinamika virus konsisten dengan tren global dan 93% kasus yang dikonfirmasi adalah ringan atau tanpa gejala di Negeri Beruang Merah.

Sejak dimulainya pandemi di Rusia pada April 2020, lebih dari 800.000 orang telah meninggal karena virus corona atau penyebab yang terkait dengan Covid-19. Negara tersebut mencatat lebih dari 18 juta infeksi.

Rusia sendiri dengan cepat mengembangkan dan meluncurkan vaksin Sputnik V meski penerimaannya lambat. Ini akibat banyak orang Rusia tidak percaya terhadap pihak berwenang dan ketakutan akan produk medis baru. Kini sekitar 52% dari populasi di Rusia telah divaksinasi lengkap.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tak Lama Lagi Covid Omicron RI Bakal 'Jinak', Sabar Ya


(tfa/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading