Green Economic Forum 2022

Tetap Ada Risiko, Ini Tantangan Pembiayaan di Sektor Hijau

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
01 July 2022 15:23
Green Economic Forum

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Keuangan PT Bank Central Asia Tbk (BCA), Vera Eve Lim mengaku pihaknya selalu menerapkan prinsip kehati-hatian dalam menjalankan fungsi dan kegiatan usahanya, termasuk dalam memberikan pembiayaan.

Ia pun melihat, saat ini potensi risiko kredit selalu ada di setiap sektor industri, termasuk di energi hijau. Sehingga bank tetap harus melakukan strategi dan langkah-langkah khusus dalam menjalankan fungsinya.

"Risiko kredit industri apapun ada risikonya. Tidak harus green, biasa pun tetap ada resiko," kata Vera di acara Green Economic Forum 2022, Jumat (1/7/2022).


Namun tantangannya tambah Vera saat ini adalah, bagaimana menangani potensi peningkatan pembiayaan, khususnya di sektor hijau. Hal ini sejalan dengan komitnen untuk mendukung rencana pemerintah dalam penerapan green economic.

Bank ujarnya akan tetap melihat standarisasi pengukuran dan pemetaan yang ketat dalam melakukan pembiayaan.

"Contoh, bank memang diharuskan pembiayaan indutri, tentu ada sertifikasi. Nah industrinya sendiri diharuskan memiliki (sertifikasi) itu. Ini tantangannya. Jadi kalau bank dari sisi peraturan harus ada sertifikasi, industrinya harus berjalan juga, sehingga akan memudahkan bank membiayai," jelasnya.

Tantangan lain lanjut Vera yakni perlu juga semua pihak memperoleh insentif pas terhadap pembiayaan hijau, sehingga menarik dari sisi pelaku usaha.

Pasalnya ia melihat cost dari green ini belum tentu murah. Sehingga untuk tahap awal perlu ada dari pihak lain memberi insentif, tidak hanya bank.

"Ketiga standarisasi karbon di perbankan belum ada dan masing-masing punya versi. Selain itu terakhir terkait pemahaman green financing yang masih terbatas dan butuh waktu. Ini butuh didukung pemerintah dan regulator. Ini akan memudahkan pada saat bank membiayai atau evaluasi risiko kredit," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kawal Kebijakan Ekonomi Hijau RI Hadapi Perubahan Iklim


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading