Korea Selatan Izinkan Penggunaan Vaksin Covid-19 Buatan Lokal

News - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
29 June 2022 20:37
SK Bioscience (File Photo REUTERS)

Jakarta, CNBC Indonesia - Korea Selatan telah punya vaksin Covid-19 buatan sendiri. Dan otoritas di negara tersebut pun telah menyetujui penggunaan untuk SKYCovione.

Vaksin SKYCovione tersebut diproduksi oleh SK Bioscience Co Ltd. Vaksin ini menggunakan rejimen dua dosis dengan jarak empat minggu dan diperuntukkan bagi orang berusia 18 tahun atau lebih.

SkyCovione telah melakukan uji klinis fase III pada 4.037 orang dewasa. SK Bioscience menyatakan vaksin menginduksi respon antibodi penetralisir terhadap strain induk SARS-CoV-2, dikutip dari Reuters, Rabu (29/6/2022).


Namun vaksin tersebut belum diketahui keefektifannya dalam melawan omicron serta varian Covid-19 lainnya.

Vaksin dikembangkan bersama dengan Institute for Protein Design Universitas Washington dengan dukungan pembuat obat global GlaxoSmithKline (GSK).

SK Bioscience akan mencari otorisasi untuk distrribusi vaksin ke nagara lain serta lewat fasilitas berbagi vaksin global Covax. Selain itu untuk didaftarkan pada penggunaan darurat di WHO.

Otoritas Korea Selatan telah menyetujui kesepakatan 200 miliar won untuk membeli 10 juta dosis vaksin. Di mana vaksin tersebut bisa disimpan dalam kondisi pendingin normal.

Vaksin buatan Korsel itu diperkirakan akan mulai diluncurkan pada paruh kedua tahun ini.

SKYCovione juga kemungkinan digunakan bagi dosis booster. Selain itu merencanakan uji coba untuk remaja dan anak-anak.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Impor Vaksin RI Turun, Memang Sudah Cukup Ya?


(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading