Internasional

Duh! Mobil Listrik Kecelakaan Saat Uji Coba, 2 Orang Tewas

News - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 June 2022 20:15
Mobil Nio Electric (Weibo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini, sebuah mobil listrik Nio dari China jatuh dari lantai 3 kantor di kantor pusatnya di Shanghai. Akibatnya, dua orang tewas dalam kecelakaan itu.

Satu anggota staf Nio dan seorang karyawan dari perusahaan mitra tewas dalam kecelakaan itu, kata pembuat mobil listrik China itu dalam sebuah pernyataan, dikutip dari CNN International, Sabtu (25/6/2022).

Kecelakaan terjadi pada Rabu (22/6/2022) dan kedua korban tewas berada di dalam mobil tersebut saat jatuh dari gedung. Nio mengatakan pihaknya segera memulai penyelidikan atas insiden tersebut dengan bekerja sama dengan pejabat pemerintah.


"Perusahaan kami telah bekerja sama dengan departemen keamanan publik untuk meluncurkan penyelidikan dan menganalisis penyebab kecelakaan. Berdasarkan analisis situasi di tempat kejadian, kami dapat mengonfirmasi di awal bahwa ini adalah murni kecelakaan (bukan disebabkan oleh kendaraan)," demikian bunyi pernyataan perusahaan.

Pernyataan Nio tentang kecelakaan itu menarik setidaknya 78 juta tampilan di Weibo dan lebih dari 1.700 posting diskusi. Video yang beredar online menunjukkan petugas penyelamat dengan pakaian oranye berusaha menyelamatkan penumpang di dalam mobil, yang terlihat rusak parah.

Didirikan oleh pengusaha Cina William Li pada tahun 2014, Nio telah menjadi salah satu perusahaan rintisan mobil listrik dengan pertumbuhan tercepat di Cina, dan salah satu dari beberapa saingan lokal Tesla milik Elon Musk.

Tahun lalu, ia mengirimkan 91.429 kendaraan, naik 109% dari tahun 2020, menurut perusahaan. Selama lima bulan pertama tahun ini, ia mengirimkan 37.866 unit, naik 12% dari periode yang sama tahun lalu.

Tesla adalah penjual teratas EV murni di China hingga April, ketika penguncian Covid di Shanghai memengaruhi penjualan dan rantai pasokannya. BYD China (BYDDF), yang didukung oleh Warren Buffett, menyalip Tesla bulan itu. Nio telah mencatatkan sahamnya di New York Stock Exchange pada 2018.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mobil Listrik Buatan Bekasi Sudah Bisa Dipesan, Ini Harganya


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading