Telak! Nyusul McDonald's, Nike Ikut Angkat Kaki dari Rusia

News - Damiana Cut Emeria, CNBC Indonesia
23 June 2022 20:48
Nike (Reuters/Grigory Dukor)_

Jakarta, CNBC Indonesia - Nike akhirnya memutuskan keluar dari Rusia, setelah menghentikan sementara operasionalnya selama 3 bulan.

Sebelumnya di bulan Mei lalu, media Rusia melaporkan, produsen sepatu asal Amerika Serikat itu tidak memperbarui perjanjian dengan pemegang waralaba terbesarnya di Rusia, Inventive Retail Group (IRG). Yang mengoperasikan 37 toko bermerek Nike di Rusia melalui anak perusahaannya Up And Run.

"Nike telah memutuskan meninggalkan pasar Rusia. Prioritas kami adalah memastikan menopang sepenuhnya karyawan kami sementara secara bertanggung jawab mengurangi operasional dalam beberapa bulan mendatang," demikian pernyataan perusahaan melalui surat elektronik, seperti dilansir Reuters, Kamis (23/6/2022).


Pada 3 Maret 2022, Nike mengumumkan menghentikan sementara kegiatan operasional seluruh toko yang ada di Rusia. Keputusan itu merespons meletusnya perang Rusia dan Ukraina. Meski sejumlah toko yang dijalankan mitra independen masih tetap buka.

Keputusan Nike ini menambah daftar perusahaan Barat bermerek terkenal seperti McDonald dan Google yang juga memutuskan keluar sepenuhnya dari Rusia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Perang! Ini Deretan Raksasa Bisnis yang Hengkang dari Rusia


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading