Didemo Gegara Harga Bapok Menggila, Zulhas Tebar Janji Begini

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
22 June 2022 12:18
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, menerima audiensi pendemo dari Pusat Koperasi Pasar (Puskoppas) DKI Jakarta di depan Kantor Kementerian Perdagangan. (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, melakukan audiensi dengan Pusat Koperasi Pasar (Puskoppas) DKI Jakarta yang tengah melakukan aksi demo di depan Kantor Kementerian Perdagangan, Rabu (22/6/2022). Dia menjanjikan masalah minyak goreng curah dapat diselesaikan dalam dua minggu, dan mengundang pelaku usaha pasar makan siang di kediamannya.

Aksi tersebut dihadiri banyak pelaku usaha pasar yang tergabung dalam asosiasi meminta penurunan harga sembako, minyak goreng, hingga permodalan.

Zulkifli yang mendatangi pendemo berdiri di pagar Kementerian Perdagangan menjanjikan masalah minyak goreng curah akan selesai dua minggu. Selain itu dia juga dia memperbolehkan masyarakat membeli minyak goreng hingga 10 liter per orang dari sebelumnya dua liter per per orang.


"Harga sembako mahal, migor beli pakai KTP cuma dua liter? Sekarang beli 10 liter sudah boleh," katanya.

"Harganya mahal? Insyaallah 2 minggu ini stabil, kalau harganya dalam dua minggu ini gak Rp 14 ribu datang lagi ke sini ya," lanjut Zulkifli.

Dalam Audiensi itu Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga menjanjikan bantuan modal, selain itu dia juga mengundang perwakilan pelaku usaha pasar untuk makan ke kediamannya.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, menerima audiensi pendemo dari Pusat Koperasi Pasar (Puskoppas) DKI Jakarta di depan Kantor Kementerian Perdagangan. (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)Foto: Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, menerima audiensi pendemo dari Pusat Koperasi Pasar (Puskoppas) DKI Jakarta di depan Kantor Kementerian Perdagangan. (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, menerima audiensi pendemo dari Pusat Koperasi Pasar (Puskoppas) DKI Jakarta di depan Kantor Kementerian Perdagangan. (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)

"Nanti apa-apa yang yang dibutuhkan dicatat saja, Insya Allah saya bantu. Lalu bapak koordinidi dari 90 an pelaku pasar perwakilannya kita makan sama saya. catata apa yang diperlukan, apa yang bisa saya bantu. kita diskusi," jelasnya.

Dalam tuntutannya, Ketua Puskoppas DKI Jakarta H Gusnal mengatakan pedagang diberatkan dengan seluruh bahan pangan yang melonjak, termasuk minyak goreng. Dia menuntut Menteri Perdagangan yang baru untuk melakukan upaya pengendalian harga.

"Kalau pemerintah peduli sebenarnya ini bisa dikendalikan," kata Gusnal.

"Harganya mahal? Insyaallah 2 minggu ini stabil, kalau harganya dalam dua minggu ini gak Rp 14.000 datang lagi ke sini ya."Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan

Bahkan pelaku usaha pasar mengancam untuk menutup pasar selama tiga hari, jika harga bahan pokok dan minyak goreng tidak juga terkendali.

"Kalau tetap begini kita akan bergerak lagi, kita akan ada gerakan tutup pasar 3 hari kalau nanti janji pak Menteri tidak terpenuhi. kita bergerak lagi bagi kami ini adalah hidup dan mati," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Blusukan Perdana, Zulkifli Syok Semua Ngeluh Harga Naik


(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading