Kemendag Rilis Migor Kemasan Sederhana Rp14.000 Pekan Depan

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
22 June 2022 11:25
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana )

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan memulai program minyak goreng curah menjadi kemasan sederhana dengan merek dagang 'Kita'. Rencananya minyak kemasan ini akan diluncurkan pada pekan depan.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjelaskan, saat ini tengah mengurus izin edar merek ini di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) , kemungkinan pada Senin (27/6/2022) sudah diproduksi.

"Sekarang sedang kita matangkan, lagi diurus izin edarnya untuk minyak Kita, minyak curah kemasan sederhana. Kalau Kamis jadi mungkin Senin sudah di produksi di pabrik," kata Zulkifli saat Meninjau Harga Bahan Pokok dan Titik Penjualan Migor Curah Rakyat di Jakarta Timur, Rabu (22/6/2022).


Zulkifli menjelaskan nantinya minyak dengan merek Kita ini akan dijual dengan harga Rp 14.000 per liter dan Rp 15.500 per kilogram, sama seperti minyak goreng curah.

Dia menjelaskan dengan adanya minyak kemasan sederhana ini, maka harga minyak goreng dengan harga Rp 14.000 per liter bisa dijual dengan hingga pasar modern seperti minimarket. Sehingga masyarakat tidak kesulitan untuk mencari minyak goreng murah.

"Karena kemasan pasarnya bisa lebih luas masuk supermarket, kalo curah kan mereka gak mau karena kotor. kalau dikemas jadi lebih bersih makanya dalam dua minggu minyak goreng Rp 14.000 akan ada dimana-mana dan tidak akan jadi isu lagi karena tersedia dengan baik," jelasnya.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana )Foto: Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana )
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana )

Dia juga menyebut kalau produsen yang nantinya akan menanggung biaya pengemasan. Dimana dipersiapkan ada 300 ribu ton per bulan minyak goreng curah yang akan disiapkan untuk dikemas.

Direktur Barang dan Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kemendag Isy Karim, menjelaskan semua produsen minyak goreng bisa mendaftar untuk memproduksi minyak goreng kemasan sederhana 'Kita'. Dimana saat ini sudah ada puluhan yang produsen yang mendaftar.

"Bisa ikut itu dimungkinkan ikut semua, saat ini sudah banyak pemegang merek minyak kemasan sederhana 'Kita' ada puluhan," kata Isy. Namun dia masih enggan membeberkan siapa saja nama produsen yang dimaksud.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Terungkap! Ini Alasan Luhut Mau Hapus Minyak Goreng Curah


(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading