Internasional

Panas! Kapal AS Beri Tembakan Peringatan ke Kapal Iran

News - sef, CNBC Indonesia
22 June 2022 06:00
In this image released Thursday, Jan. 14, 2021, by the Iranian Army, a missile is launched from a warship during a naval drill. Iran fired cruise missiles Thursday as part of the drill in the Gulf of Oman, state media reported, amid heightened tensions with the U.S. (Iranian Army via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kapal Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dilaporkan menembakkan suar peringatan ke arah kapal cepat militer Iran. Ini terjadi kala keduanya hampir berdekatan di Selat Hormuz.

Menurut Armada ke-5 AS, insiden terjadi Senin (20/6/2021) waktu setempat Ini melibatkan kapal patroli USS Sirocco.

"Tiga kapal Angkatan Laut Korps Pengawal Revolusi Iran berinteraksi dengan cara yang tidak aman dan tidak profesional saat kapal Angkatan Laut AS di Selat Hormuz," kata AS, dikutip AFP, Rabu.


"Salah satu kapal mendekati Sirocco dengan kecepatan tinggi yang berbahaya dan hanya berubah arah setelah kapal patroli pantai AS mengeluarkan sinyal peringatan untuk menghindari tabrakan.

"Kapal Iran juga datang dalam jarak 50 yard (45 meter) dari kapal Angkatan Laut AS selama interaksi dan Sirocco menanggapi dengan menyebarkan suar peringatan."

Kejadian ini terjadi di tengah kebuntuan AS dan Iran sol kesepakatan nuklir 2015. Kesepakatan itu awalnya disetujui AS dan sejumlah negara dengan Iran di masa pemerintahan Barrack Obama namun dibatalkan sepihak pemerintahan Donald Trump.

Sebelumnya AS kerap menuding militer Iran mengganggu lalu lintas maritim di Selat Hormuz. Laut itu merupakan wilayah strategis yang dilalui seperlima dari produksi minyak dunia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dialog Nuklir di Ujung Tanduk, Iran Ajukan Permintaan Ini


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading