Wow! Bos WHO 'Sowan' ke Jokowi, Puji Penanganan Covid RI

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
21 June 2022 20:31
Pertemuan Dirjen WHO dan Jokowi

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi turut didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Sementara itu, Tedros didampingi oleh Pj. Perwakilan WHO untuk Indonesia Shalala Ahmadova.

"Dirjen WHO betul-betul mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di dalam G20," ujar Retno dalam keterangannya usai pertemuan.


Tak hanya soal kepemimpinan, Tedros juga menyampaikan apresiasi terhadap capaian Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19 di Tanah Air. Menurut dia, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pencapaian terbaik di bidang vaksinasi dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

"Dirjen WHO berbicara mengenai masalah vaksinasi dan beliau menyatakan bahwa Indonesia adalah salah satu dari best achievement, kalau dipertandingkan dengan rata-rata achievement yang dicapai oleh negara-negara di dunia," ungkap Retno lagi.

Lebih lanjut, menurut Retno, Tedros mengatakan WHO masih terus melakukan pengawasan terhadap pandemi Covid-19 meski kasus di dunia sudah mulai stabil.
Ini terutama terkait varian-varian baru.

Mengutip Worldometers, kasus Covid-19 global saat ini mencapai total 544 juta serai virus pertama kali ditemukan di Wuhan, China. Ada 6,3 juta kematian namun 520 juta orang berhasil sembuh.

Saat ini kasus aktif global adalah 18 juta pasien. Per Selasa malam, Taiwan memimpin penambahan kasus baru di dunia dengan 56.000 disusul Australia 31.000 dan Korut 17.000.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Apresiasi ACT-A, Jokowi: Dunia Harus Tanggap Terhadap Krisis!


(sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading