Pabrik Sepatu dari China Relokasi ke RI, Masuk ke Pantura!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
21 June 2022 16:50
Asics (Instagram/@asicsid)

Jakarta, CNBC Indonesia - Produsen sepatu Jepang yang punya pabrik di China, Asics ternyata sudah merelokasi pabriknya dari China ke Indonesia. Rencana pindahnya pabrik itu sudah muncul sejak Maret 2021 lalu, kini pabrik Asics sudah dibangun di Indonesia.

Kehadiran pabrik baru ini bukan hanya menjadi keuntungan karena menyerap tenaga kerja, melainkan juga berkah bagi pabrik sepatu lain. Pasalnya, Asics juga memesan dari pabrik lain.

"Sudah bangun pabrik dan sudah place order ke pabrik lain," kata Ketua Umum Asosiasi Persepatuan Indonesia (APRISINDO) Eddy Widjanarko kepada CNBC Indonesia, Selasa (21/6/22).


Namun, Eddy belum mengecek berapa angka pasti produksi maupun pemesanan dari pabrik lainnya. Meski demikian, kedatangan pabrik asal Jepang ini sudah dinanti sejak lama.

"Sebelumnya ada beberapa fasilitas di China dan semua fasilitas ditutup, kecuali satu (pabrikan) dan dipindahkanya ke Indonesia, ada di Tegal, Cirebon dan Pemalang," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam konferensi pers virtual, Rabu (10/3/21).

Asics memang sudah memiliki pabrik yang berlokasi di Jakarta. Penambahan pabrik di beberapa lokasi di Pulau Jawa bakal menambah kapasitas produksi yang saat ini ada.

"Sekarang under contruction, nanti akan start production Januari 2022, beberapa bulan lagi fasilitas pengembangan mereka di Cirebon dan juga Januari 2022 start production fasilitas baru mereka di Tegal. Sementara fasilitas di Pemalang akan produksi Maret 2023," sebut Agus.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading