Jokowi Pede RI Bakal Jadi Negara Maju 2045, Asal Ini Disetop!

News - Chandra Asmara, CNBC Indonesia
21 June 2022 13:34
Presiden RI Jokowi di Rakernas II PDI Perjuangan Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat - 21 Juni 2022

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara peluang Indonesia untuk menjadi sebuah negara maju.

Jika tak ada aral melintang, maka pendapatan perkapita Indonesia pada 2045 mendatang bisa mencapai US$ 21 ribu hingga 27 ribu. Namun, hal ini butuh konsistensi.


Mulanya, Jokowi mengklaim ada pimpinan negara dan perdana menteri sebuah negara yang meminta untuk dikirimi minyak goreng sampai dengan batu bara.

"Kalau ndak dikirim, listrik kita mati, industri kita mati," kata Jokowi menirukan permohonan pimpinan negara yang dimaksud.

Pernyataan ini dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam peresmian pembukaan Rakernas PDI Perjuangan 2022, Selasa (21/6/2022).

Jokowi mengatakan, hal tersebut telah menjadi modal Indonesia untuk mengetahui kekuatannya. Jokowi mencontohkan, misalnya seperti batu bara.

"Kita setop ekspor untuk kebutuhan dalam negeri. [...] Jadi kita tau persis posisi kita ada di mana, kekuatan kita ada di mana. Batu bara ada kekuatan besar, CPO, nikel,"

"Tapi tidak bisa kita terus-terusan yang namanya ekspor bahan mentah. Itu setop, harus berani kita buat barang jadi," jelasnya.

Dengan kondisi ini,Jokowi menilai, pintu gerbang untuk menjadi negara maju terbuka lebar. Perekonomian Indonesia 2021 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp16.970,8 triliun dan PDB per kapita mencapai Rp62,2 juta atau US$4.349,5.

"Itung-itungan di 2045, ada konsistensi kepemimpinan, keberanian menyetop ekspor bahan mentah, Insya Allah kita akan berada di US$ 21 ribu sampai US$ 27 ribu income perkapita. Tapi tantangan tidak mudah," tegas Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Target Jokowi 2023: Ekonomi Tumbuh 5,9%, Kemiskinan Jadi 7,5%


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading