Internasional

Ekonom Blak-blakan soal Ancaman Resesi Global, Seperti Apa?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
20 June 2022 15:15
Bongkar Muat Peti Kemas di Terminal Tanjung Priok. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ahli ekonomi David Roche buka suara mengenai ancaman resesi ekonomi yang akan dialami oleh seluruh dunia. Ia menyebut hal ini kemungkinannya sangat kecil untuk terjadi di seluruh negara.

Dalam Squawk Box Asia CNBC International akhir pekan lalu, Roche mengatakan momok resesi sendiri merupakan bagian dari pemberitaan buruk tentang situasi dunia. Ini juga dipengaruhi oleh banyaknya kejadian yang mengganggu ekonomi dunia seperti perang Rusia-Ukraina.

"Kemungkinannya adalah bahwa dunia akan paling khawatir tentang resesi karena apa yang Anda gambarkan adalah banyak hal yang salah pada saat yang sama, dan banyak dari mereka tidak dapat dibalik, seperti perang," ujar ahli strategi global di Independent Strategy itu.


"Sekarang, bagaimanapun, semua orang tampaknya saling bersaing untuk mendapatkan berita utama dan mengatakan hal-hal paling buruk tentang dunia."

Roche juga menambahkan bahwa resesi sepertinya hanya akan terjadi di wilayah Eropa. Ia mengatakan negara seperti Amerika Serikat (AS) pun akan tahan dari pelemahan ekonomi ini sehingga resesi tidak akan dialami secara global.

"Saya ragu itu (resesi) bisa dihindari di Eropa. Bukan depresi resesi global, tetapi dunia akan mengkhawatirkan hal itu setidaknya untuk beberapa bulan ke depan," tambah Roche.

Sebelumnya Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan bahwa resesi bukan berarti tak bisa dihindari kendati inflasi terus mengukir rekor sehingga memaksa The Fed untuk menaikan suku bunga hingga 75 basis poin.

"Saya memperkirakan ekonomi akan melambat karena transisi ke pertumbuhan yang stabil, tetapi saya tidak berpikir resesi sama sekali tak terhindarkan," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Apakah Dunia Segera Jatuh ke Lubang Resesi? Baca Ini!


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading