Kim Jong Un Makin Pening, Wabah Misterius Landa Korea Utara

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
19 June 2022 14:30
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengenakan masker di tengah wabah penyakit virus corona (COVID-19), saat memeriksa apotek di Pyongyang. (via REUTERS/KCNA)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sekitar 1.600 orang di Korea Utara dilaporkan tertular penyakit usus misterius. Adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong, pun menyumbangkan obatnya untuk warga.

Dlansir dari KCNA, mereka melaporkan bahwa obat-obatan dari keluarga Kim itu akan dikirimkan ke lebih dari 800 keluarga yang menderita penyakit epidemi akut yang merebak di sejumlah daerah di Provinsi Hwanhae Selatan.

Infografis: Siapa Kim Yo Jong, Adik Kim Jon Un yang 'Panaskan' Dua Korea?Foto: Infografis/Siapa Kim Yo Jong, Adik Kim Jon Un yang 'Panaskan' Dua Korea?/Arie Pratama

KCNA sendiri tidak menjabarkan lebih lanjut epidemi yang dimaksud. Namun, AFP melaporkan bahwa kini mulai muncul spekulasi penyakit misterius itu sebenarnya kolera atau tifus.


Jika penyebaran kasus begitu besar, Korut bakal semakin terjepit dalam keadaan darurat. Saat ini, Korut sendiri masih berjuang menanggulangi pandemi Covid-19 yang baru terdeteksi pada bulan lalu.

Bila wabah penyakit misterius ini benar adanya, para ahli khawatir sistem kesehatan di Korut akan kolaps. Sebelum wabah merebak saja, Korut dilaporkan sudah kewalahan menangani Covid-19.

Korut memang disebut-sebut sebagai salah satu negara dengan perangkat rumah sakit paling bobrok di dunia. Mereka hanya punya sedikit unit perawatan intensif.

"Dengan infrastruktur medis Korut yang ketinggalan zaman, penyakit usus akut bisa menyebar dengan cepat," ucap seorang pejabat di Kementerian Unifikasi Korea Selatan kepada kantor berita Yonhap.

Pejabat itu kembali menegaskan bahwa Korsel sebenarnya siap membantu jika Korut bersedia. Namun hingga kini, Korut saja belum menanggapi tawaran bantuan Korsel untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

Hal ini makin diperparah karena warga Korut juga masih berjuang melawan krisis pangan yang masih mencekik, terutama di Provinsi Hwanghae Selatan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Langka! Kim Jong Un Kirim Pujian ke Presiden Korsel, Ada Apa?


(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading