Ngeri! Ada Ledakan di Kuil Sikh di Kabul, 30 Orang Terjebak

News - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
18 June 2022 12:26
Taliban special force fighters stand guard outside the Hamid Karzai International Airport after the U.S. military's withdrawal, in Kabul, Afghanistan, Tuesday, Aug. 31, 2021. The Taliban were in full control of Kabul's airport on Tuesday, after the last U.S. plane left its runway, marking the end of America's longest war. (AP Photo/Khwaja Tawfiq Sediqi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah ledakan telah terjadi di sebuah kuil komunitas Sikh, di Ibukota Afghanistan Kabul pada Sabtu pagi waktu setempat. Namun masih belum jelas berapa jumlah korban yang berjatuhan atas insiden naas tersebut.

"Ada sekitar 30 orang di dalam kuil. Kami tidak tahu berapa banyak dari mereka yang masih hidup atau berapa banyak yang tewas. Taliban tidak mengizinkan kami masuk ke dalam, kami tidak tahu harus berbuat apa," kata pejabat Kuil, Gornam Singh mengutip Reuters, Sabtu (18/6/2022).

Sementara, Pejabat Taliban sendiri belum mengkonfirmasi terkait adanya ledakan tersebut, dan tidak segera mengungkap siapa dalang di balik ledakan kuil Sikh.


Penyiar lokal Tolo menayangkan rekaman yang memperlihatkan asap tebal berwarna abu-abu membubung dari daerah tersebut.

Penguasa Taliban Afghanistan mengatakan mereka telah mengamankan negara tersebut sejak mengambil alih kekuasaan pada Agustus, tetapi para pejabat dan analis internasional mengatakan risiko kebangkitan militansi tetap ada.

Beberapa serangan telah terjadi dalam beberapa bulan terakhir, dengan klaim yang dilakukan oleh kelompok militan Negara Islam.

Sikh sendiri merupakan minoritas agama kecil di sebagian besar Muslim Afghanistan, terdiri dari sekitar 300 anggota keluarga sebelum jatuhnya negara itu ke Taliban. Banyak yang telah meninggalkan negara tersebut setelah pengambilalihan terjadi.

Komunitas Sikh, seperti minoritas agama lainnya, telah menjadi sasaran kekerasan terus-menerus di Afghanistan. Sebuah serangan yang diklaim oleh Negara Islam di kuil lain di Kabul pada tahun 2020 menewaskan 25 orang.

Menurut pihak berwenang, ledakan hari Sabtu menyusul ledakan pada hari Jumat di kota utara Kunduz di sebuah masjid yang menewaskan satu orang dan melukai dua orang.


[Gambas:Video CNBC]

(pgr/pgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading