Ini Mobil Yang Bikin Avanza Keok, Cuma Laku 7 Unit

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
16 June 2022 15:25
All New Avanza (Dok: Toyota Astra Motor)

Jakarta, CNBC Indonesia - Toyota Avanza harus mengakui kekalahan penjualan dari pesaingnya Honda Brio. Pasalnya, Avanza hanya terjual 1.766 unit sepanjang Mei 2022 hingga terjun bebas ke posisi 10 mobil terlaris di RI, jauh dibanding Brio yang mencatat 4.121 unit dan menduduki peringkat 1.

Padahal, jika dibanding bulan April 2022, Avanza mampu terjual lebih banyak dari capaian Brio bulan Mei, yaitu 5.040 unit dan menempati peringkat pertama. Namun, nasibnya justru berbalik satu bulan kemudian dengan penurunan hampir tiga kali lipat.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ada jenis Avanza yang tidak begitu laku terjual, yakni All New Avanza 1.5 G CVT TSS 2021 dengan hanya terjual 7 unit. Mobil ini merupakan tipe Avanza termahal dengan banderol Rp 295.800.000.


Tingginya harga karena Toyota menyisipkan teknologi TSS, yakni dibuat untuk membantu melindungi pengemudi dan penumpang, khususnya untuk mengurangi potensi bahaya dalam berkendara. Sebelum Avanza, Toyota sudah memperkenalkan sistem TSS ini di Toyota Raize. Fitur TSS dilengkapi dengan teknologi kamera dan sensor laser. Sistem TSS dirancang untuk mengurangi bahaya saat berkendara.

Meski memiliki fitur canggih, namun nyatanya dari segi penjualan tidak begitu mengangkat pencapaian.

Pada bulan sebelumnya juga mobil ini hanya terjual 20 unit, kemudian di Maret sempat menyentuh 21 unit. Mobil ini sempat terjual banyak pada Februari lalu yakni sebanyak 434 unit, namun di bulan sebelumnya juga tergolong sedikit hanya 62 unit.

Pengunjung melihat mobil Toyota Avanza terbaru di Dealer Auto 2000 Sudirman, Jakarta, Rabu, 24/11. Persaingan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander terjadi di ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2021 pada 11-21 November 2021 di ICE BSD kemarin. Selama pameran, keduanya menjadi mobil terlaris yang dipesan konsumen dari masing-masing agen tunggal pemegang merek (ATPM).Berdasarkan catatan Toyota Astra Motor (TAM), All New Avanza dan All New Veloz laku ribuan, memberikan kontribusi terbesar mencapai 1.534 unit, dengan masing-masing 711 unit dan 823 unit, atau sebesar 34% dari total seluruh model Toyota.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)Foto: New Avanza (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)
Pengunjung melihat mobil Toyota Avanza terbaru di Dealer Auto 2000 Sudirman, Jakarta, Rabu, 24/11. Persaingan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander terjadi di ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2021 pada 11-21 November 2021 di ICE BSD kemarin. Selama pameran, keduanya menjadi mobil terlaris yang dipesan konsumen dari masing-masing agen tunggal pemegang merek (ATPM).Berdasarkan catatan Toyota Astra Motor (TAM), All New Avanza dan All New Veloz laku ribuan, memberikan kontribusi terbesar mencapai 1.534 unit, dengan masing-masing 711 unit dan 823 unit, atau sebesar 34% dari total seluruh model Toyota. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Sebaliknya, penjualan besar ada pada jenis lain yakni All New Avanza 1.3 E 2021 transmisi manual yang bulan lalu mencapai 1.093 unit, kemudian pada bulan Maret mencapai 3.106 unit.

Penjualan rendah juga ada pada Avanza selain yakni All New Avanza 1.5 G CVT TSS, yakni Avanza 1.3 A/T Transmover yang hanya terjual 26 unit pada bulan lalu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

"Penghancur" Avanza - Xpander Bakal Ngaspal


(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading