Lewat Pelatihan, PNM Permudah Pelaku Usaha di Garut Punya NIB

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
15 June 2022 15:56
PNM

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melakukan pemberdayaan melalui program pelatihan Temu Usaha Nasabah Mekaar (TUNM) bagi 300 nasabah PNM Mekaar. Peserta merupakan nasabah PNM Mekaar yang terdiri dari enam cabang, yaitu Karangpawitan 3, Sukawening, Wanaraja, Pangatikan, Pangatikan 2, Cibatu Garut 2.

Dalam pelatihan ini, peserta diberikan materi tentang pentingnya menabung dan bertransaksi digital sehingga menjadi agen BRI Link.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Garut, Wahyudijaya, mengatakan pemerintah daerah mengapresiasi program pembinaan para pelaku usaha ini, terutama perempuan, agar memiliki izin usaha berupa Nomor Induk Berusaha (NIB).


"Harapannya, nasabah Mekaar dapat meningkatkan pengetahuan dengan pentingnya memiliki NIB, menabung di bank dan paham akan transaksi digital, serta mengembangkan usaha, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga," kata dia, dikutip dari siaran pers, Rabu (15/6/2022).

Sementara itu, Pemimpin PNM Cabang Garut, Abu Hassan, mengungkapkan bahwa pelatihan yang diberikan sangat bermanfaat sehingga 300 nasabah mendapat NIB.

"Harapan saya ke depan semoga pelatihan yang sudah diberikan oleh PNM PKU bisa bermanfaat sehingga ibu-ibu paham dengan perizinan usaha dan juga memiliki legalitas usaha seperti NIB," kata dia.

Sebagai informasi, hingga 13 Juni 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 128,49 triliun kepada nasabah PNM Mekaar sebanyak 11,872 juta nasabah.

Saat ini PNM memiliki 3.488 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 422 kabupaten/kota, dan 5.640 kecamatan.

Acara dihadiri oleh Kepala DPMPTSP Garut Wahyudijaya, Kepala Bidang Perizinan Ekonomi dan Sumber Daya Alam DPMPTSP Wanwan Arief Gunawan, MPM BRI Cabang Garut Miftakhul Huda, dan Pemimpin PNM Cabang Garut Abu Hassan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hari Jadi ke-23, PNM Gelar Aksi Donor Darah & Cek Kesehatan


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading