Jokowi: Jangan Takut Setop Ekspor Barang Mentah

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
10 June 2022 17:35
Jokowi Hadiri Perayaan 50 Tahun Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) 2022.

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan akan menyetop kegiatan ekspor mineral mentah seperti misalnya nikel, bauksit dan juga timah. Hal ini disampaikan oleh Jokowi di depan para pengusaha dalam acara Ulang Tahun Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ke-50.

Jokowi mengatakan, sejatinya penyetopan ekspor barang mentah sebagai upaya Indonesia membangun nilai tambah dalam hal hilirisasi di dalam negeri.

"Masalah hilirisasi jangan takut setop ekspor barang mentah, setelah stop nikel tahun ini kita akan setop lagi bauksit dan tahun depan setop timah, setop tembaga dan seterusnya. Sehingga nilai tambah ada di dalam negeri," terang Jokowi dalam sambutannya di Acara Ulang Tahun HIPMI yang ke-50, Jumat (10/6/2022).


Ia juga menegaskan, bahwa lembaga seperti BUMN atau kementerian diwajibkan membeli produk-produk di dalam negeri. "Itu wajib," terang dia.

Melalui platform digital, Jokowi mencatat saat ini terdapat komitmen membeli produk dalam negeri sebesar Rp 825 triliun.

"Masuk komitmen Rp 825 triliun, komitmen dari kementerian/lembaga beli produk dalam negeri. Industri kecil semua tidak bisa seperti lalu lalu dibiarkan akhirnya pipa beli impor padalah bisa produksi, alasan macem macem sekarang ngga bisa di monitor komitmennya dari policy ini muncul triger ekonomi di pertumbuhan dalam negeri," tandas Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Keras! Jokowi: Sejak Zaman VOC Ekspor Barang Mentah, Hentikan


(pgr/pgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading