Internasional

Waduh Covid Meledak Lagi di India, Waspada "Tsunami" Jilid 2?

News - sef, CNBC Indonesia
10 June 2022 07:30
Pelonggaran lockdown di India. (AP/Channi Anand)

Jakarta, CNBC Indonesia - Covid-19 menunjukkan tren peningkatan kembali di India. Bahkan kenaikan tajam terjadi, Kamis (9/6/2022).

Kasus harian baru untuk pertama kali hampir menembus 10.000, sejak gelombang tiga menyerang negeri itu Januari. Kasus naik double digit jika dibandingkan dengan rata-rata pekan sebelumnya.

Mengutip Worldometers, kasus baru tercatat 9.743. Ini menimbulkan ketakutan munculnya gelombang 4 Covid-19 di negara itu, sebagaimana dimuat Times Now News India.


Mengutip Bloomberg dan juga Times of India, negara bagian Maharashtra, di mana Mumbai berada, dan Kerala menyumbang hampir 70% dari kasus. Itu kota New Delhi, juga kenaikan kasus, tertinggi sejak 14 Mei.

Meski demikian angka keterisian rumah sakit masih rendah. Kematian juga tercatat nol kasus.

Mengutip The Indian Express, mantan kepala departemen epidemiologi di Dewan Penelitian Medis India, Dr Lalit Kant, mengatakan peningkatan jumlah kasus diperkirakan terjadi begitu orang mulai melepas masker. "Akan ada naik turun secara berkala dalam jumlah kasus, yang penting adalah jumlah penyakit parah dan kematian," tegasnya.

Khusus di Delhi, Otoritas Manajemen Bencana sebenarnya telah memberlakukan kembali denda 500 rupee bagi mereka yang tidak memakai masker di luar ruangan. Para ahli mengatakan bahwa alih-alih mandat, masking harus ditegakkan dengan pendidikan kesehatan.

India memiliki total 43.207.265 kasus Covid-19 sejak virus masuk ke negara itu di 2020. Secara akumulatif ada 524.723 kematian.

India sempat jadi hotspot tsunami Covid-19 di 2020 dengan ratusan ribu kasus per hari. Varian Delta juga pertama kali terdeteksi di India.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Heboh Seruan Bunuh Semua Muslim di Negeri Shah Rukh Khan


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading