Krisis Pangan, Jokowi Ajak Rakyat Tanam Jagung Hingga Sorgum!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
08 June 2022 14:43
Jokowi saat menghadiri acara syukuran hasil bumi Gerakan Masyarakat (Gema) Perhutanan Sosial yang digelar di Lapangan Omah Tani, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu, 8 Juni 2022. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengungkap kondisi dunia yang masih kesulitan karena pandemi Covid-19. Belum lagi situasi ini ditambah oleh perang Rusia-Ukraina.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat menghadiri acara syukuran hasil bumi Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial yang digelar di Lapangan Omah Tani, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.


Jokowi menegaskan bahwa perang antara kedua negara tersebut bukan tidak memberikan dampak. Eskalasi kedua negara tersebut telah menyebabkan kenaikan harga pangan dunia.

"Saya mengajak kita semuanya untuk menanam tanaman-tanaman yang menghasilkan bahan pangan pokok," tegas Jokowi, Rabu (8/6/2022)

Jokowi lantas mengajak para petani dan masyarakat untuk mengambil peluang dan memanfaatkan lahan yang mereka kelola dengan menanam tanaman pangan pokok seperti padi, jagung, porang, hingga sorgum.

"Saudara-saudara bisa ditanami, silakan tanami padi silakan, benar. Mau ditanami apa lagi yang pangan? Jagung? Silakan. Harga jagung ini pas naik. Mau ditanami porang silakan. Porang juga pasti akan naik harganya karena dunia membutuhkan itu," kata Jokowi.

"Kemarin saya ke NTT tanami sorgum silakan, karena NTT yang paling pas adalah tanam sorgum karena kalau tanam padi airnya agak sulit dan top soil-nya hanya tipis banget. Yang pas apa? Sorgum," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Negara Lain Tak Punya! Nih 'Jurus Rahasia' Jokowi Lawan Covid


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading