Jokowi Ungkit Lagi Rencana Setop Ekspor Bauksit, Kapan Pak?

News - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
08 June 2022 12:05
Implementasi Tahap Kedua Industri Baterai Listrik Terintregasi, Kabupaten Batang, 8 Juni 2022. (Tangkapan layar youtube) Foto: Implementasi Tahap Kedua Industri Baterai Listrik Terintregasi, Kabupaten Batang, 8 Juni 2022. (Tangkapan layar youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kesekian kalinya mengungkap rencana besarnya yakni perihal menyetop ekspor barang mentah hasil sumber daya alam dalam negeri. Jokowi ingin, ekspor nasional lebih bernilai tambah.

Berbicara saat memberikan pengarahan dalam Implementasi Tahap Kedua Industri Baterai Listrik Terintegrasi, Rabu (8/6/2022), Jokowi menegaskan bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan cadangan nikel terbesar dunia. Jokowi ingin, Indonesia menjadi pemain besar di sektor nikel.

"Ini keinginan kita sejak lama, makanya kita setop nikel ke situ," tegas Jokowi.


Pemerintah sendiri telah melarang ekspor bijih nikel sejak 1 Januari 2020. Alasan pemerintah menyetop ekspor nikel tak lepas dari upaya untuk mengembangkan hilirisasi dan industrialisasi dari bahan mentah yang selama ini bersumber dari kekayaan alam.

Nanti akan dilanjutkan setop ekspor bahan mentah bauksitPresiden Jokowi

Jokowi menegaskan, nikel bukan satu-satunya bahan mentah yang akan disetop untuk dikirim ke luar negeri. Komoditas bauksit, juga nantinya akan disetop. Namun, Jokowi pun tak mengungkap kapan komoditas tersebut akan disetop untuk dikirim ke luar negeri.

"Nanti akan dilanjutkan setop ekspor bahan mentah bauksit, sehingga kita bisa produksi barang jadi yang berasal dari alumunium," tegas Jokowi.

Jokowi meyakini, Indonesia akan menjadi produsen utama barang berbasis nikel. Mulai dari lithium baterai, baterai listrik, baterai kendaraan listrik. Menurutnya, ini kesempatan bagi Indonesia untuk unjuk gigi.

"Ini kesempatan emas untuk bangun ekonomi hijau ke depan seperti yang kita rencanakan," tegas Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Keras! Jokowi: Sejak Zaman VOC Ekspor Barang Mentah, Hentikan


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading