PM Lee Rombak Kabinet, Lawrence Wong Jadi Wakil PM Singapura

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
06 June 2022 20:22
PM Singapura Lee Hsien Loong (kiri) dan Wakil PM Singapura Lawrence Wong (kanan)

Jakarta, CNBC Indonesia - PM Singapura Lee Hsien Loong menunjuk Menteri Keuangan Lawrence Wong sebagai wakil perdana menteri dalam perombakan kabinet yang diumumkan hari ini. Keputusan itu akan berlaku mulai Senin depan.

Seperti dilansir CNBC International, Senin (6/6/2022), Wong akan menjadi penjabat PM Singapura apabila Lee absen. Ia juga masih akan menjabat menteri keuangan.

Perombakan ini sejatinya sudah diduga usai Wong disahkan sebagai pemimpin tim generasi berikut per April 2022. Dia pernah bertugas di Kementerian Pendidikan dan Kementerian Pembangunan Nasional serta ketua bersama penanganan Covid-19.



Heng Swee Keat, yang akan tetap menjadi wakil PM setelah reshuffle, sebelumnya diperkirakan akan mengambil alih posisi PM dari Lee. Namun, melalui sebuah pengumuman yang mengejutkan tahun lalu, Heng mengatakan dia menyingkir agar pemimpin yang lebih muda dapat "memiliki landasan yang lebih panjang". Dia kemudian melepaskan tugasnya sebagai menteri keuangan.

Sebelumnya, Lee mengatakan belum memutuskan apakah Wong akan mengambil alih posisi PM sebelum atau setelah pemilihan umum berikut yang harusnya diadakan pada 2025.

"Kepemimpinan generasi berikutnya mulai terbentuk. Saya meminta semua orang untuk memberikan dukungan penuh Anda untuk transisi penting ini, untuk mengarahkan Singapura dengan aman keluar dari pandemi dan menuju masa depan yang lebih cerah," tulis Lee di Instagram resminya.

Beberapa perubahan lain akan mulai berlaku efektif pekan depan. Misalnya penunjukan Tan Kiat How sebagai Kementerian Komunikasi dan Informasi dan Pembangunan Nasional.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bocoran Pertemuan Jokowi & PM Singapura di Bintan Hari Ini


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading