Tarif Borobudur Rp 750 Ribu, Ini Bocoran Kapan Berlakunya

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
06 June 2022 17:30
Warga mengunjungi Candi Borobudur saat libur Idul Fitri di Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, Sabtu (7/5/2022). (Photo by Kiki Cahyadi/Anadolu Agency via Getty Images) Foto: Warga mengunjungi Candi Borobudur saat libur Idul Fitri di Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, Sabtu (7/5/2022). (Photo by Kiki Cahyadi/Anadolu Agency via Getty Images)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah bakal mengatur tarif untuk menaikkan puncak Candi Borobudur sebesar Rp 750 ribu untuk turis domestik. Padahal di harga sebelumnya untuk masuk ke kawasan Borobudur hanya dikenakan tarif Rp 50 ribu di pintu masuk.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Edy Setijono memberi sinyal bahwa aturan ini bakal segera berlaku. Namun, masih belum ada tanggal pastinya.

"Tarif ini belum kita jalankan karena harus melewati beberapa tahapan lagi, karena baru diputuskan jadi ketetapan di hari Sabtu kemarin, kami sekarang susun SOP teknisnya yang akan kami akan koordinasikan dengan balai konservasi Borobudur," katanya dalam Profit CNBC Indonesia, Senin (6/6/22).

Jika aturan ini berlaku, maka untuk bisa masuk dan mencapai puncak Candi Borobudur harus mengikuti prosedur reservasi online. Upaya ini agar masyarakat yang datang tidak terlalu ramai dan bisa diatur.

"Semua wisatawan harus reservasi khusus karena sesuaikan dengan kuota yang ditetapkan sebanyak 1200 orang," sebut Edy.

Dengan terbatasnya pengunjung maka upaya reservasi bakal lebih mudah dilakukan.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang menyatakan akan menerapkan tarif baru pada daerah wisata Candi Borobudur.

"Kami sepakat dan berencana untuk membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1.200 orang per hari. Dengan biaya US$ 100 dolar untuk wisman, dan turis domestik Rp 750 ribu," kata Luhut dalam postingan Instagram, dikutip, Senin (6/6/2022).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harga Tiket Candi Borobudur Rp 750.000, Pengelola Buka Suara


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading