Waduh! 400 Lebih Peserta PPPK Mengundurkan Diri Nyusul CPNS

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
31 May 2022 09:05
cover topik/CPNS 2021_cover

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat setidaknya ada 100 calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang memutuskan untuk mengundurkan diri setelah dinyatakan lolos seleksi penerimaan tahun 2021.

Berdasarkan data BKN yang diterima CNBC Indonesia, Selasa (31/5/2022), sebanyak 100 calon PNS yang mengundurkan diri tersebut tersebar di berbagai instansi, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.


Belakangan terungkap, tak hanya kalangan CPNS yang memutuskan untuk mundur. Ratusan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) juga memutuskan untuk mundur dari formasi penerimaan.

Data BKN mencatat, sebanyak 442 orang PPPK mengundurkan diri. Mereka terdiri dari peserta seleksi PPPK guru tahap pertama, PPPK guru tahap kedua, dan PPPK non guru.

Khusus PPPK guru tahap pertama, sebanyak 104 orang mengundurkan diri. Sementara itu, PPPK guru tahap kedua sebanyak 280 orang, dan PPPK non guru sebanyak 58 orang yang mengundurkan diri.

Sebagai informasi, menjadi seorang PNS memang sudah menjadi pekerjaan impian sejak dahulu kala. Tak sedikit keluarga non-PNS mendambakan memiliki menantu abdi negara.

Impian keluarga yang ingin jadi priyayi sampai sekarang masih menjadi tradisi di Indonesia. Ada orang tua yang berharap anaknya menjadi PNS, karena menjanjikan uang pensiun, bahkan jika PNS yang bersangkutan tutup usia.

Tak sedikit dari mereka menghalalkan segala cara untuk menjadikan anaknya menjadi PNS. Bahkan, banyak cerita tentang sebuah keluarga yang membayar hingga ratusan juta agar menjadi seorang abdi negara,

Namun, kini zaman sudah berubah. Generasi Z kini memilih memiliki pekerjaan yang bisa menghasilkan uang dalam jumlah besar dan karir yang sukses.

Dalam survei terbaru dari Morning Consult, seperti dikutip CNBC Indonesia, Selasa (31/5/2022), 70% gen Z memprioritaskan gaji yang layak. Sementara itu, 60% Gen Z memprioritaskan karier yang sukses.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pantas Saja Ratusan CPNS Pada Mundur, Gajinya Cuma Segini!


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading