Termasuk DKI, Ini 15 Provinsi yang Berpotensi Kena Banjir Rob

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
30 May 2022 11:55
Banjir rob menggenangi di Kelurahan Bandarharjo dan Tanjung Mas, tak jauh dari kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang Utara, Kota Semarang, Senin (23/5/2022). (Foto: Afzal Nur Iman/detikJateng) Foto: Banjir rob menggenangi wilayah yang tidak jauh dari kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang Utara, Kota Semarang, Senin (23/5/2022). (Foto: Afzal Nur Iman/detikJateng)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi potensi banjir rob di wilayah pesisir tanah air pada 30 Mei hingga 7 Juni 2022.

Menurut Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo mengatakan, adanya fase bulan baru pada hari ini berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut.

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia pada tanggal 30 Mei hingga 7 Juni 2022 di antaranya:

Aceh
Sumatra Utara
Sumatra Barat
Lampung
Bangka Belitung
Banten
DKI Jakarta
Jawa Barat
Jawa Tengah
Jawa Timur
Bali
Kalimantan Barat
Kalimantan Selatan
Kalimantan Timur
Maluku

Eko mengatakan, potensi banjir pesisir (rob) diprediksi berlangsung dengan waktu yang berbeda di tiap wilayah. Kondisi itu secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," kata Eko dikutip dari siaran pers BMKG, Senin (30/5/2022).

Berikut adalah kanal informasi resmi BMKG:

Call center 021-6546315/18
Call center BMKG 196
https://maritim.bmkg.go.id
Follow twitter dan Instagram @BMKGmaritim
Menghubungi kantor BMKG terdekat



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BMKG Ungkap Ada Potensi Banjir Rob di Awal 2022


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading