Pabrik Terendam Banjir Rob Semarang, Berapa Kerugiannya?

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
25 May 2022 20:00
Banjir rob menggenangi di Kelurahan Bandarharjo dan Tanjung Mas, tak jauh dari kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang Utara, Kota Semarang, Senin (23/5/2022). (Foto: Afzal Nur Iman/detikJateng)

Jakarta, CNBC Indonesia - Banjir rob yang menggenang kawasan Utara Semarang viral di media sosial. Beberapa video menunjukkan bahwa para pekerja dari sejumlah pabrik harus menghadapi genangan banjir yang begitu besar.

Kalangan pengusaha tekstil menyatakan bahwa itu bukanlah pabrik dari para anggotanya

"Saya sudah cek dengan BPD API Asosiasi Pertekstilan Indonesia Jawa Tengah, infonya belum ada pabrik TPT yang terkena banjir," kata Ketua API Jemmy Kartiwa Sastraatmaja kepada CNBC Indonesia, Rabu (25/5/22).


Meski diklaim secara aktivitas produksi tidak mengalami masalah, namun industri tekstil tetap menghadapi ancaman yang tidak bisa dianggap sepele, yakni dalam proses distribusi produk, termasuk untuk pasar ekspor.

"Hanya kalau berlanjut akan berdampak pada proses Export / Import yg melalui Tanjung Emas akibat banjir & di tutup nya Tanjung Emas," sebut Jemmy.

Sayangnya Ia belum bisa memprediksi berapa nilai kerugian yang ditanggung akibat kejadian ini, baik dari sisi potensi keterlambatan pengiriman ke buyer atau lainnya.

"Sementara belum," sebut Jemmy.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BNPB Ungkap Fenoma Banjir di Tanah Air, Kenapa?


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading