Tambang Ilegal Merajalela, Ini Usulan Bos MIND ID

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
25 May 2022 20:39
Tambang Emas Ilegal di Sulteng Longsor. (AP/M. Taufan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama Mining Industry Indonesia (MIND ID) Hendi Prio Santoso meminta adanya pembentukan satgas pengamanan aset nasional mineral dan batu bara (minerba) untuk penambangan ilegal, khususnya dari komoditas timah dan nikel.

"Perlu dukungan pembentukan satgas nasional pengamanan aset minerba dari illegal mining. Ini parah kondisinya. terutama untuk komoditas timah dan nikel yang dalam tren naik," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (25/5/2022).


Adapun, untuk komoditas emas, Hendi mengungkapkan jumlahnya masih tergolong sedikit.

Hendi mengatakan penambangan ilegal itu terjadi pada Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang masih belum jelas.

"Ini kami minta dukungan juga mungkin ke komisi tetangga (Komisi VII) supaya membawa manfaat bagi penerimaan negara," katanya.

Kehadiran tambang ilegal sejatinya memang merugikan negara. Pasalnya, hasil penambangannya tidak tercatat dan tak ada setoran ke negara seperti pajak dan royalti.

Perlu diketahui, masalah tambang ilegal juga menjadi sorotan Kementerian ESDM sebagai pihak regulator. Selain masalah penerimaan negara, tambang ilegal juga sangat berbahaya karena tidak dilengkapi dengan standar keselamatan yang memadai.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dirut Holding Tambang Positif Covid, Tak Jadi Hadir ke DPR


(luc/luc)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading