Saingan Baru Avanza Nih, Katanya Lebih Canggih & Gagah!

News - redaksi, CNBC Indonesia
25 May 2022 07:05
Suzuki Hybrid Foto: (Dina Rayanti/detikOto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Persaingan pasar low MPV di dalam negeri akan semakin ramai. Pasalnya, Juni nanti Suzuki bakal merilis mobil baru, yaitu Ertiga Hybrid.

Diduga, mobil ini akan masuk ke segmen Low MPV. Siap menantang Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander, yang begitu dominan dalam penjualan di segmen tersebut. Apalagi, tipe yang hadir berasal dari hybrid. Konsumen pun sudah bisa memesan mobil ini dari sekarang.

"Bulan depan (Juni) tanggal 10 bakal ada, pemesanan udah bisa dari sekarang," kata tenaga penjual tersebut kepada CNBC Indonesia, Senin (23/5/22).


"Test drive harusnya di tengah pekan ini udah bisa, mobilnya juga bakal datang ke diler," lanjutnya.

Sinyal kehadiran mobil baru sudah muncul Ketika Suzuki Indonesia menebar teaser berupa gambar siluet sebuah mobil baru.

Siluet ini seakan menyiratkan bahwa Suzuki bakal meluncurkan Suzuki Ertiga terbaru. Dari gambar siluetnya, mobil ini memiliki tampilan yang sporty dengan spoiler lips yang ceper.

Suzuki Ertiga Hybrid sendiri sebenarnya sudah lebih dulu meluncur di India. Di negeri itu, Suzuki juga telah memperkenalkan XL6 Hybrid, yang menjadi kembaran Suzuki XL7. Kedua mobil itu mengusung teknologi Suzuki Smart Hybrid.

Unggahan akun Instagram Suzuki Indonesia pada 17 Mei 2022 menampilkan foto siluet mobil dengan caption 'Untuk Hari yang Lebih Baik' Segera 10.06.22.

Sebelumnya pada 15 Mei 2022, akun yang sama mengunggah video grafis singkat tentang teknologi hybrid yang menciptakan pengalaman baru berkendara. Tenaga besar tapi hemat bahan bakar.

"Suzuki Family, dengan menggabungkan dua sumber tenaga membuat mobil dengan teknologi hybrid lebih hemat bahan bakar tanpa memengaruhi performa mesin 100," begitu bunyi unggahan tersebut, dikutip Selasa (24/5/2022).

Teaser Suzuki ErtigaFoto: Teaser Suzuki Ertiga (Tangkapan Layar via Instagram @suzuki_id)
Teaser Suzuki Ertiga

Ertiga Hybrid terbaru dikabarkan menyodorkan fitur canggih seperti engine auto stop, gear shift indicator (khusus transmisi manual), cruise control, ESP serta HCC. Kemudian ada dual SRS Airbag, ABS+ ABD, serta ISOFIX untuk keselamatan penumpang.

"Kami melakukan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini, termasuk kebutuhan akan teknologi ramah lingkungan yang hemat bahan bakar dan harganya terjangkau," kata head of 4W Product Development Suzuki Indomobil Sales Yulius Purwanto, seperti dilansir CNN Indonesia, Rabu (18/5/2022).

Menurut Yulius, teknologi yang dipamerkan adalah Suzuki Smart Hybrid. Yang dikembangkan perusahaan untuk mendukung kendaraan generasi terbaru yang diklaim lebih ramah lingkungan.

Terdiri dari 3 komponen utama yang menunjang kinerja mesin pembakaran konvensional, yaitu ISG (Integrated Stater Generator), baterai litium, regenerative breaking.

Selain penampilan dan teknologi yang diusung, harga Ertiga Hybrid pun tidak jauh berbeda dengan mobil bensin biasa. Masih di bawah Rp 300 juta. Pihak diler pun sudah mengumumkan harga mobil ini, yakni untuk Ertiga Hybrid GX MT di angka Rp 270,3 juta dan Ertiga Hybrid GX AT di harga Rp 281,3 juta.

"Masih tergolong terjangkau karena kita belum full EV, masih hybrid. Karena baterainya mahal yang full ya," kata tenaga penjual tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Lihat Nih! Mobil 'Penghancur' Avanza yang Harganya Murah


(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading